Puluhan Dosen Farmasi Unhas Turun Tangan Bagikan Bahan Pokok untuk Masyarakat

Selasa, 07 April 2020 20:39 WITA Reporter : Makassarmetro
Puluhan Dosen Farmasi Unhas Turun Tangan Bagikan Bahan Pokok untuk Masyarakat


MAKASSARMETRO – Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin terus bergerak melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan guna membantu masyarakat yang paling merasakan dampak dari adanya wabah Covid-19.

Usai membagikan bantuan untuk tenaga medis pada Sabtu lalu, hari ini, Selasa, (7/4/2020) Farmasi Unhas kembali menyalurkan ratusan paket bahan pokok untuk sejumlah masyarakat kurang mampu di beberapa ruas jalan dan daerah di Makassar. Aksi kali ini melibatkan hampir seluruh dosen Farmasi, yang secara langsung turun ke jalan melakukan aksi.

Dekan Farmasi Unhas, Subehan menjelaskan bahwa kegiatan pembagian bahan kebutuhan pokok merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak musibah Covid-19, terutama masyarakat yang kurang mampu.

“Dosen kami turun langsung membagikan paket ini pada beberapa ruas jalan di Makassar. Lokasinya dekat dengan tempat tinggal masing-masing untuk menghindari terjadinya pengumpulan massa. Keterlibatan dosen merupakan bentuk pengabdian mereka kepada masyarakat. Untuk dananya sendiri bersumber dari fakultas, alumni, dosen dan APTFI (Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia),” jelas Subehan.

Dalam kegiatan kali ini, setidaknya 170 paket bahan pokok yang siap disalurkan, dimana setiap paket terdiri atas beras, minyak goreng, tepung terigu, mie instan, teh dan susu, serta dilengkapi dengan masker dan hand sanitizer.

Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Keuangan Fakultas Farmasi Unhas, Dr. Sartini yang juga terlibat dalam kegiatan pembagian ini mengucapkan rasa syukur dan bangga atas antusiasme dosen-dosen d fakultasnya.

“Mungkin dari aspek jumlah apa yang kami bagikan ini tidak seberapa. Namun ini adalah bentuk keikhlasan dan pengabdian yang dapat kami lakukan. Kita ingin bersama-sama turun tangan, bekerja mengatasi dampak wabah Covid-19. Kami berharap bantuan sederhana ini bisa meringankan beban masyarakat terdampak,” kata Sartini.

Muhammad Akbar Bahar selaku kordinator kegiatan menambahkan bahwa bantuan bahan pokok ini diberikan kepada kelompok warga yang rentan, seperti para pedagang keliling, tukang becak, tukang bentor, penjual jajanan, tukang kayu, tukang batu, dan tukang sampah, dan unsur masyarakat dengan ekonomi lemah lainnya.

“Kelompok masyarakat ini hidup dari kerja harian. Sementara saat ini pemerintah sedang gencar mengkampanyekan agar warga tidak keluar rumah. Maka kita harus hadir dan membantu mereka,” kata Akbar.

Selain kegiatan donasi, melalui Tim Satgas Covid-19 Fakultas Farmasi juga secara aktif membagikan infografis kepada masyarakat guna memberikan edukasi terkait penggunaan antiseptik, desinfektan, jamu, obat kloroquin, vitamin C dan bilik desinfektan untuk mencegah penularan Covid-19.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca