Berbagi Sembako, IKA Unhas Jabodetabek Sasar Mahasiswa Rantau dan Warga

Rabu, 22 April 2020 12:12 WITA Reporter : Makassarmetro
Berbagi Sembako, IKA Unhas Jabodetabek Sasar  Mahasiswa Rantau dan Warga

MAKASSARMETRO, Jakarta — Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Jabodetabek akan menyalurkan bantuan bahan pokok dengan sasaran mahasiswa, alumni Unhas, maupun para perantau, serta warga kurang mampu. Kegiatan donasi kemanusiaan ini ini sekaligus untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jabodetabek. Mereka merupakan orang-orang yang terdampak dari pandemi Covid-19.

Koordinator Posko Kemanusiaan IKA Unhas Jabodetabek, Awaluddin mengatakan kegiatan tersebut berjalan atas partisipasi warga IKA Unhas yang ada di Jabodetabek. Bantuannya dalam bentuk donasi dana ataupun bahan pokok.

IKA Unhas Jabodetabek telah membuka Posko Kemanusiaan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Posko Kemanusiaan ini juga bekerja sama dengan Koperasi IKA Unhas Cendekia.

Kegiatan kemanusiaan tersebut diharapkan dapat terus berjalan membantu masyarakat maupun mahasiswa rantau di Jabodetabek yang membutuhkan bantuan di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini berjalan dengan agenda tahap pertama, saat ini jelang Ramadhan. Diharapkan gerakan kemanusiaan ini terus berjalan seiring dengan kondisi wabah Covid-19 yang berimbas pada pergerakan perekonomian negeri ini,” kata Awaluddin, Selasa (21/4).

Awaluddin berharap, partisipasi alumni Unhas sebagai wujud solidaritas sesama alumni dan anak bangsa. Pada tahap pertama, sebanyak 100 paket bahan pokok akan dibagikan.

“Aksi ini menjadi bagian dari wujud iman, ilmu, dan amal sebagai bentuk pengabdian untuk negeri tercinta,” ujar Awaluddin.

Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak mengatakan gagasan ini muncul seiring kegelisahan akibat ekonomi yang terpukul sebagai dampak pandemi Covid-19. Mereka yang terdampak pertama kali adalah masyarakat yang mengandalkan penghasilan harian.

“Terlebih jika kebijakan untuk menghindarkan pandemi dengan adanya PSBB yang semakin meluas, maka dampak tersebut akan semakin dalam buat sebagian masyarakat,” kata Ismak.

Oleh karena itu, sebagai wujud keprihatinan akan dampak Covid-19, Muhammad Ismak mengajak alumni Unhas melalui IKA Unhas Jabodetabek untuk berbuat sesuatu. Sehingga dimulailah untuk mengumpulkan sumbangan-sumbangan dari para alumni yang ada di Jabodetabek.

“Harapan saya dalam keadaan pandemi yang waktunya kita tidak tahu sampai kapan, dapat terwujud solidaritas kemanusiaan di antara kita. Kita saling berbagi, saling memberikan dukungan, menguatkan satu sama lain, bukan hanya fisik tapi juga mental yang harus kita kuatkan saat ini,” kata Ismak.(*/ina/ir)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca