Bakal Live di Instagram, FLP Ajak Orang Tua Tumbuhkan Minat Literasi untuk Anak

Kamis, 07 Mei 2020 09:23 WITA Reporter : Makassarmetro
Bakal Live di Instagram, FLP Ajak Orang Tua Tumbuhkan Minat Literasi untuk  Anak

MAKASSARMETRO — Forum Lingkar Pena (FLP) wilayah Sulawesi Selatan mengajak orang orang tua mengembangkan literasi anak secara online di akun Instagram @FLPSulsel yang tayang Minggu 10 Mei nanti.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Mengingat semejak adanya virus Covid-19 mewabah, kegiatan sekolah pada anak terhenti, dan dirumahkan.

Humas Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni menjelaskan, upaya ini salah satu membangkitkan minat literasi kepada anak.

“Kegiata literasi adalah membaca dan menulis, sedangkan membaca keutamaannya sudah dijelaskan dalam Al Quraan surat Iqra, bahkan,” kata Tulus Wulan Juni.

Menumbuhkan kegemaran membaca tidaklah mudah karena membaca menyangkut budaya. Untuk menjadikan membaca sebagai budaya, menurut pakar pendidikan butuh waktu 15-25 tahun.

Ada tiga jalur agar membaca bisa jadi kegemaran yakni di lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan dan di lingkungan masyarakat. Saat pandemi Covid 19 anak menghabiskan waktu dirumah.

Nantinya Tulus akan berbagi kiat-kiat menumbuhkan kegemaran membaca bagi anak-anak melalui bincang-bincangnya denga FLP

“Kita ingin siapkan orang tua khususnya Ibu sebagai perpustakaan pertama bagi anak-anak,” pungkasnya.

Program tersebut dipandu Yusmira Yunus, seorang Ibu rumah tangga yang sekaligus guru disalah satu sekolah di kota Makassar dan Pengurus Rumah Cahaya FLP SulSel.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca