Pandemi, Keamanan dan Kenyamanan Anak di Rumah yang Utama

Kamis, 23 Juli 2020 22:13 WITA Reporter : Makassarmetro
Pandemi, Keamanan dan Kenyamanan Anak di Rumah yang Utama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar, Tenri A. Palallo

MAKASSARMETRO – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar terus memperkuat edukasi di shelter-shelter kecamatan guna menurunkan angka kasus kekerasan dan menjaga anak agar tidak terpapar virus.

Kepala DP3A Kota Makassar, Tenri A Palallo mengatakan, edukasi yang dimaksud di tengah pandemi Covid-19 yakni seperti cuci tangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita terus bekerja, sebelum dan sejak pandemi. Kita memperketat pelaksanaan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan jangan berkerumun,” kata Tenri saat dikonfirmasi, Kamis (23/7/2020).

Selain itu, Tenri mengatakan pendidikan psikologi anak juga harus tetap diperhatikan. Di mana orang tua kata dia harus menciptakan suasana yang nyaman dan aman, apalagi di tengah pandemi seperti saat sekarang ini.

“Kita menyerukan melalui selter warga. Jadi mereka itu bertugas mengontrol, mengingatkan warga agar menciptakan suasana gembira dalam rumah,” ucapnya.

Sementara itu, dari data yang dirilis oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar, kasus kekerasan anak yang terjadi di tahun 2019 mencapai 1305 kasus. Sementara pada tahun 2020 terhitung dari bulan Januari hingga Maret berjumlah 72 kasus yang dibagi atas dua kategori, 35 orang laki-laki dan 37 orang perempuan.

Begitula dari data yang dirilis oleh LBH Makassar. Sepanjang tahun 2020 ada sebanyak 13 kasus kekerasan anak yang diterima dan ditangani. 7 kasus kekerasan seksual, 3 kasus anak berhadapan dengan hukum, 2 kasus penghalangan akses anak kepada orgtua, dan 1 kasus penelantaran anak.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca