Dinas PU Makassar Rutin Keruk Sedimen di Titik Rawan Genangan

Kamis, 22 Oktober 2020 20:34 WITA Reporter : Makassarmetro
Dinas PU Makassar Rutin Keruk Sedimen di Titik Rawan Genangan Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Untuk mengurangi intensitas genangan di beberapa titik yang ada di Kota Makassar, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar rutin melakukan pengerukan sedimen.

Ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas PU Kota Makassar, Syafar Majid, Kamis (22/10/2020).

Khususnya untuk jalan protokol Urip Somoharjo, terlebih di area depan kantor Gubernur Sulsel volume genangan paling tinggi. Mengantisipasi hal tersebut pihaknya telah membuat tali air atau kanal kecil.

“Depan kantor Gubernur Sulsel itu dulunya kecil kita kasih lebar, dan sudah ada beberapa titik juga yang kita keruk sedimennya,” ujarnya.

Diakui Syafar, banjir dan genangan di titik rawan masih saja terjadi, tetapi begitu tidak berlangsung lama.

“Ada beberapa titik yang sementara kita kerja. Hasil pantauan kita memang masih ada banjir tapi tidak terlalu lama,” tuturnya.

Selain itu dia juga telah membentuk tim yang bertugas memantau kondisi titik-titik drainase. Ada lima zona wilayah pemantauan, setiap zona terdiri dari dua, tiga sampai empat kecamatan.

“Jadi hasil pemantauan tim ini sebagai data untuk kita mana yang akan direhab, dibangun, dan sedimennya dikeruk,” katanya.

Diketahui selain jalan Urip Sumoharjoa, jalan lain yang rawan terjadi genangan diantaranya AP Pettarani, dan Jalan Veteran. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Dinas PU Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca