Waspada, Hewan Ini Bisa Tularkan Covid-19 ke Manusia

Senin, 09 November 2020 10:19 WITA Reporter : Makassarmetro
Waspada, Hewan Ini Bisa Tularkan Covid-19 ke Manusia Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Otoritas kesehatan Denmark menemukan bentuk mutasi Covid-19 di peternakan hewan mamalia cerpelai (mustela). Hal ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) bergerak cepat.

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, mengatakan pemerintah berencana memusnahkan semua 15 juta cerpelai di peternakan Denmark. Hal ini untuk mencoba mengurangi risiko hewan menularkan kembali mutasi baru virus corona ke manusia.

Frederiksen menggambarkan situasinya sebagai sangat serius dan memperingatkan bahwa virus yang bermutasi dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan di seluruh dunia.

Kepala unit penyakit dan zoonosis WHO, Dr. Maria van Kerkhove, “Selalu ada kekhawatiran ketika Anda memiliki sirkulasi dan penularan dari manusia untuk hewan dan kemudian hewan ke manusia”.

“Kami telah melihat ini selama beberapa bulan sekarang dan yang kami pahami adalah cerpelai telah terinfeksi dengan kontak dari manusia dan beredar di cerpelai dan kemudian dapat ditularkan kembali ke manusia,” kata Maria dari markas besar WHO di Jenewa, Swiss.

Maria mengatakan mutasi yang teridentifikasi pada hewan dan manusia perlu dievaluasi secepatnya, sebab jika muncul salah satu perubahan, berarti virus berperilaku berbeda.

Ia mengatakan perlu ada studi yang dapat mengevaluasi apakah ada perubahan dalam penularan, dan apakah ada implikasi diagnostik untuk vaksin dan terapeutik.

“Dalam situasi ini, ada saran bahwa beberapa mutasi ini mungkin memiliki beberapa implikasi, tetapi kami perlu melakukan studi yang tepat untuk mengevaluasi ini dan itu yang sedang berlangsung saat ini,” katanya.

Sumber: CNBC

Topik berita Terkait:
  1. Covid-19
  2. WHO
Berikan Komentar
Komentar Pembaca