Bersih dan Disiplin Terapkan Prokes, Pasar Maricaya Dapat Penghargaan Pasar Sehat

Sabtu, 21 November 2020 10:36 WITA Reporter : Makassarmetro
Bersih dan Disiplin Terapkan Prokes, Pasar Maricaya Dapat Penghargaan Pasar Sehat Baru-baru ini Pasar Maricaya dikunjungi oleh pihak Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Makassar.

MAKASSARMETRO – Pasar Maricaya baru-baru ini dinobatkan sebagai Pasar Sehat. Bukan tanpa alasan, sebab sejak pandemi mewabah, pasar ini sudah terbukti disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Bahkan sebelum pandemi, pasar yang terletak di Jalan Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, ini memiliki ruang pemeriksaan kesehatan dan lokasi dagangan yang tertata dan bersih.

Kepala Unit Pasar Maricaya, Arsyad, mengungkapkan bahwa baru-baru pasar binaannya dikunjungi oleh pihak Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Makassar.

“Alhamdulillah ada kunjungan dari Kementrian Kesehatan, drg. Dyah Erti Mustawati beserta Dinas Kesehatan Provinai dan Kota,” ujar Arsyad, Jumat (20/11/2020).

Arsyad menyebutkan kunjungan tersebut guna memeriksa penerapan protokol kesehatan di Pasar Maricaya.

“Beliau (Dyah Erti) datang memeriksa kondisi kebersihan pasar, tempat cuci tangan, dan pemantauan jaga jarak, serta pengunaan masker di kalangan pedagang dan pengunjung, serta memeriksa ruangan kesehatan, dan kebersihan kantor unit dan area pasar,” jelas Arsyad.

Sementara itu Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, drg. Dyah Erti Mustawati mengatakan, “Protokol kesehatan perlu ditingkatkan terutama bagi pengunjung pasar sedangkan untuk pedagang sudah ada peningkatan.”

“Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi dengan adanya penerapan kesehatan ini. Fasilitas kesehatannya cukup memadai,” pujinya.

Direktur Operasional PD Pasar, Saharuddin Ridwan mengatakan, “Jadi Pasar Maricaya itu menjadi salah satu lokus penilaian oleh pemerintah pusat sebagai pasar sehat dan lokasi penilaian Adipura sejak 5 tahun lalu.” (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca