Pj Wali Kota Makassar Minta Warga Tetap Tertib Prokes saat Libur Akhir Tahun

Sabtu, 28 November 2020 10:44 WITA Reporter : Makassarmetro
Pj Wali Kota Makassar Minta Warga Tetap Tertib Prokes saat Libur Akhir Tahun Rudy Djamaluddin.

MAKASSARMETRO – Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, meminta kepada seluruh warga Kota Makassar untuk tetap tertib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat libur akhir tahun.

Libur panjang akhir tahun memang diprediksi akan terjadi lonjakan kasus Covid-19. Olehnya, warga masyarakat diminta agar tetap tertib dalam menerapkan prokes.

Rudy mengatakan, kasus positif Covid-19 masih fluktuatif dan dikhawatirkan akan terjadi lonjakan apabila masyarakat tidak disiplin.
“Saya tegaskan substansi pengendalian Covid-19 itu ada pada protokol kesehatan. Kuncinya itu saja,” ujar Rudy, Jumat (27/11/2020).

Saat ini, kata Rudy, pemerintah berupaya menurunkan angka kasus hingga zona kuning. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperketat penerepan protokol kesehatan.

Terlebih lagi belum lama ini pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan instruksi kepada kepala daerah untuk menegakkan protokol kesehatan.

Bahkan dia menilai penurunan kasus selama beberapa terakhir ditanggapi berbeda. Menurutnya, jika pemerintah tidak sigap, potensi untuk kembali ke zona merah bisa saja terjadi.

“Justru saya melihat ada kencenderungan naik, kalau kita tidak kencang bahaya ini. Makanya fluktuasi itu harus kita antisipasi dengan memperketat protokol kesehatan,” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Djaja Said, mengatakan, salah satu poin penting menekan penyebaran virus corona dengan disiplin menerapkan 3M.

Sebab, menurut dia, jika penularan mampu ditekan maka jumlah kasus positif juga akan menurun. “Jadi kalau protokol kesehatan sudah menjadi kebiasaa kita, saya yakin perlahan pandemi itu bisa kita tekan,” kata Agus Djaja Said. (*)

Sumber: Sindonews

Topik berita Terkait:
  1. Dinas Kesehatan Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca