Bersama Gubernur, Pj Wali Kota Resmikan Bus Wisata Metro Makassar

Kamis, 03 Desember 2020 13:33 WITA Reporter : Makassarmetro
Bersama Gubernur, Pj Wali Kota Resmikan Bus Wisata Metro Makassar Foto: Antara/Humas Pemkot Makassar.

MAKASSARMETRO – Pemkot Makassar menghadirkan inovasi berupa Bus Wisata Metro Kota. Layanan transportasi ini sebagai salah satu upaya mendorong Makassar sebagai kota wisata.

Peluncuruan Bus Wisata Metro Kota dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, dan Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/12/2020).

Bus Wisata Metro Kota ini adalah hasil daur ulang dari mobil sampah Tangkasaki. Rencananya mulai beroperasi sejak hari ini.

Nurdin Abdullah mengapresiasi ide dari jajaran Pemkot Makassar ini. “Ini berkah bagi masyarakat Kota Makassar. Ini ide sangat brilian. Biasanya mobil rongsokan dimusnahkan tapi ini bisa dimanfaatkan kembali dan hari ini kita membuktikan kita semua bisa menciptakan pemerintahan yang amanah, pemerintahan yang melayani dan betul-betul memiliki care yang tinggi,” kata Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Rudy menilai pengadaan mobil ini dalam rangka mendorong Makassar menjadi kota tujuan wisata.

“Jadi pengadaan ini wujud reinkarnasi dari mobil sampah tangkasaki. Dimana berangkat dari keinginan kami untuk mendorong makassar menjadi kota tujuan wisata, kota ramah investasi,” ucap Rudy.

Rudy juga mengatakan, inovasi ini sebagai bentuk memanusiakan manusia. Pasalnya, mobil tangkasaki dinilai cara kerjanya masih bersifat konvesional.

Sebagai langkah awal, Bus Wisata Metro Kota Makassar ini hanya dihadirkan tiga unit. Rudy tengah mengusulkan tambahan 10 unit secepatnya.

Untuk rutenya bus ini akan melayani 3 koridor yaitu Koridor 1 (Datu museng- Sultan Hasanuddin – Slamet Riyadi – Riburane – Ujungpandang- Pattimura – Sombaopu- Datumuseng).

Koridor 2 (Penghibur- pasar ikan- ujungpandang – nusantara – Riburane- ahmad yani- sudirman- kartini- botolempangan- amanagappa- sudirman- hajibau- penghibur)

Koridor 3 (Penghibur – pasar ikan- ujung pandang- riburane- ahmad yani – balaikota- thamrin – botolempangan- arief rate- sultan hasanuddin- lamadukelleng- haji bau- metro tanjung bunga – zona lego- lego – penghibur).

“Jadi ini gratis yah untuk warga Makassar dan wisatawan yang ke Makassar. Jam operasionalnya itu kita usahakan dari pagi sampai malam dengan driver dan pengawas di bus shift-shiftan,” jelasnya. (*)

Sumber: Sindonews

Berikan Komentar
Komentar Pembaca