Mulai Hari Ini, Jutaan Ponsel Tidak Bisa Gunakan WhatsApp

Jumat, 01 Januari 2021 13:42 WITA Reporter : Makassarmetro
Mulai Hari Ini, Jutaan Ponsel Tidak Bisa Gunakan WhatsApp Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Jutaan ponsel pintar dikabarkan tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp mulai hari ini, Jumat (1/1/2020). Hal itu terjadi karena WhatsApp hanya akan bisa digunakan pada sistem operasi tertentu.

WhatsApp hanya akan berfungsi pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 4.0.3 atau di atasnya, serta iPhone yang menjalankan versi iOS di atas 9.

Hal yang sama diketahui pernah terjadi tahun lalu ketika Facebook berhenti mendukung perangkat yang menjalankan iOS 8 dan Android 2.3.7.

Melansir Gizchina, pengguna Android harus memperbarui sistem operasi atau beli perangkat yang lebih baru jika tidak ingin kehilangan akses ke WhatsApp.

Hal serupa juga berlaku bagi pemilik iPhone 4 dan di bawahnya kerana tidak akan lagi dapat diperbarui ke versi iOS yang lebih baru.

The Independent memberitakan, iPhone apa pun yang tidak menjalankan iOS 9 atau yang lebih baru, atau ponsel apa pun yang tidak menjalankan setidaknya Android 4.0.3, juga dikenal sebagai Ice Cream Sandwich tidak akan lagi dapat membuka atau mengoperasikan aplikasi milik Facebook tersebut.

Ini berarti semua model iPhone hingga iPhone 4 tidak akan dapat mendukung WhatsApp, karena ponsel ini tidak mampu diperbarui ke iOS 9.

Sedangkan pemilik iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S masih dapat memperbarui sistem operasi jika mereka belum melakukannya karena semuanya dirilis sebelum iOS 9.

Sedangkan beberapa ponsel Android yang akan kehilangan dukungan WhatsApp antara lain Samsung Galaxy S2, HTC Desire, dan LG Optimus Black.

Pemilik ponsel dapat melihat perangkat lunak apa yang digunakan perangkat mereka dengan memeriksa bagian pengaturan. Untuk pengguna iPhone, dapat ditemukan dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

WhatsApp juga akan memperbarui Ketentuan Layanan tahun depan, memaksa pengguna untuk menyetujui aturan privasi baru agar tetap bisa menggunakan aplikasi. Jika tidak setuju, pengguna bisa kehilangan akses ke obrolan mereka. (*)

Topik berita Terkait:
  1. WhatsApp
Berikan Komentar
Komentar Pembaca