Termasuk Makassar, Kepala Daerah Terpilih di Sulsel Dilantik Serentak

Selasa, 02 Februari 2021 15:35 WITA Reporter : Makassarmetro
Termasuk Makassar, Kepala Daerah Terpilih di Sulsel Dilantik Serentak Nurdin Abdullah.

MAKASSARMETRO – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menyampaikan kepala daerah terpilih hasil pilkada serentak 2020 akan dilantik bersamaan. Termasuk wali kota dan wakil walikota terpilih Makassar.

Pelantikan direncanakan serentak pada 17 Februari 2021. Dari 12 paslon kepala daerah terpilih di Sulsel, hanya tujuh yang akan dilantik.

Sebab, lima lainnya masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi. “Kan, bersamaan semua nanti. Nanti kita jadwalkan,” kata Nurdin dikutip dari IDN, Selasa (2/2/2021).

Nurdin saat ini masih menunggu surat usulan penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih dari KPU di daerah masing-masing. Surat itu akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri sebagai dasar penerbitan surat keputusan tentang pelantikan.

“Usulan wali kota (Makassar) udah. Semua saya sudah tanda tangani yang sudah masuk. Tinggal menunggu, yang, kan ada berapa di luar yang tersengketa,” ucap mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Di Sulsel, ada 12 daerah penyelenggara pilkada serentak 2020 lalu. Daerah itu adalah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Toraja Utara, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Gowa, Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

Dari 12 daerah itu, ada 5 daerah yang masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi yaitu Bulukumba, Pangkep, Barru, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel, Hasan Basri Ambarala, mengatakan jika masih bersengketa hingga pelantikan nanti, ada kemungkinan akan ditunjuk penjabat di daerah tersebut.

“Bisa iya, bisa tidak. Yang jelas tidak bisa kekosongan kekuasaan. Tergantung perintah dari Kemendagri, ketika dikatakan perlu Pj karena masih lama ya harus Pj. Kalau singkat bisa Plh,” kata Hasan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Nurdin Abdullah
  2. Pilkada Serentak 2020
Berikan Komentar
Komentar Pembaca