Belum Punya Uang Pecahan Rp75000? Kini Bisa Ditukar Sebanyak-banyaknya

Rabu, 24 Maret 2021 08:16 WITAReporter : Makassarmetro
Belum Punya Uang Pecahan Rp75000? Kini Bisa Ditukar Sebanyak-banyaknya

MAKASSARMETRO – Kebijakan peredaran uang baru pecahan Rp75000 berubah. Kini tidak hanya bisa menukar satu lembar uang untuk tiap KTP.

Uang peringatan kemerdekaan (UPK) ke-75 Republik Indonesia itu bisa ditukar sampai 100 lembar tiap harinya di Bank Indonesia (BI).

“Oleh karena itu, masyarakat yang telah melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI dapat kembali dan terus melakukan penukaran,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya dikutip pada Rabu (24/3/2021).

Penukaran uang khusus Rp75000 dapat dilakukan secara perorangan maupun kolektif. Penukaran dilakukan di kantor Bank Indonesia.

Pemesanan per orangan dapat dilakukan secara daring melalui PINTAR (https://pintar.bi.go.id). Pilih tanggal penukaran, bisa dilakukan di hari yang sama (Hari H) dengan tanggal pemesanan, yakni jika pemesanan dilakukan sebelum pukul 11.30 waktu kantor Bank Indonesia setempat.

Informasi lebih lengkap soal cara penukaran uang khusus Rp75000 dapat dilihat dalam aplikasi PINTAR.

Bank Indonesia menjelaskan bahwa perubahan kebijakan soal penukaran uang khusus ini merupakan bentuk penyempurnaan layanan BI kepada masyarakat.

“Penyempurnaan mekanisme penukaran UPK 75 Tahun RI ini diharapkan dapat memberi kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat, untuk mendapatkan lebih banyak uang khusus Rp75000 sekaligus sebagai bentuk upaya peningkatan layanan publik BI,” tutur Erwin. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca