Inflasi di Sulsel Relatif Terkendali Jelang Ramadan

Sabtu, 03 April 2021 12:02 WITAReporter : Makassarmetro
Inflasi di Sulsel Relatif Terkendali Jelang RamadanIlustrasi.

MAKASSARMETRO – Inflasi Sulsel masih relatif terkendali pada Februari 2021. Inflasi gabungan lima kota indeks harga konsumen (IHK) di Sulsel sebesar 0,33 persen (mtm).

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, Endang Kurnia Saputra, mengatakan pada Februari 2021 komoditas sayuran dan ikan jadi penyumbang inflasi yang dominan di Sulsel.

“Meskipun saat ini relatif terkendali, namun risiko tekanan inflasi tahun 2021 diperkirakan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Disebabkan oleh perbaikan konsumsi masyarakat pada masa vaksinasi dan periode la nina yang masih memberikan potensi gangguan produksi dan distribusi,” jelas Endang, Jumat (2/4/2021).

Dalam waktu dekat, tekanan inflasi akan bersumber dari risiko yang bersifat seasonal seiring dengan momen Ramadan dan Idulfitri 2021 pada April dan Mei 2021.

Mengantisipasi itu, Endang menyebutkan strategi pengendalian inflasi TPID Sulsel 2021 disusun secara komprehensif dengan mengacu pada aspek 4K (ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

“Ke depan, Kantor Perwakilan BI Sulsel bersama Pemprov Sulsel masih akan terus bersinergi untuk menjaga inflasi tetap rendah dan stabil. Upaya tersebut diharapkan, semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BI Sulsel
  2. Inflasi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca