Kepala BKN Temui Wali Kota Makassar Bahas Teknis Penerimaan CPNS 2021

Kamis, 27 Mei 2021 13:54 WITA Reporter : Makassarmetro
Kepala BKN Temui Wali Kota Makassar Bahas Teknis Penerimaan CPNS 2021

MAKASSARMETRO – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, di kediaman Wali Kota Makassar, Jalan Amirullah, Rabu (26/5/2021).

Pada kesempatan ini Bima Haria melakukan rapat kordinasi terkait kesiapan penerimaan CPNS 2021. Tahun ini pemerintah pusat membuka pendaftaran 1 juta guru PPPK, 150 ribu non-guru PPPK, dan 150 PNS.

Bima mengatakan, jumlah itu adalah rekor selama sejarah penerimaan CPNS di Indonesia. “Ketika saya dikasih tau 1,3 juta, saya langsung duduk lemas. Itu rekor, kita belum pernah mengadakan sebesar ini, biasanya setahun 150 ribu-200 ribu. Ini 1,3 juta, kapan selesainya, 200 ribu aja butuh waktu 4-6 bulan. Apalagi dengan kondisi Covid seperti ini,” beber Bima.

Pihaknya pun melakukan pertemuan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, untuk membahas teknis CPNS 2021.

“Jadi saya duduk dengan Menpan, dengan Dikbud, karena 1 juta guru kan, bagi tugas aja, saya dibantu, yang satu 1 juta PPPK itu nanti dilaksanakan Dikbud di sekolah-sekolah, itu perlu kesiapan oleh teman-teman di daerah oleh BKD,” terangnya

“Pertama untuk lokasi tempatnya, kedua karena ini masih covid ini gimana prokesnya ini, hati-hati jangan sampai varian baru menyebar di test itu,” lanjutnya

Bima mengatakan, kunjungannya ini tidak hanya di Makassar, tetapi juga di daerah-daerah lainnya.

Hal ini untuk memastikan kesiapan di setiap daerah, terkait teknis pelaksanaan CPNS nantinya.

Pemerintah rencananya akan mulai menerima pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja(PPPK) mulai pada Mei-Juni 2021.

Lalu, seleksinya dijadwalkan pada Juli hingga Oktober 2021. Sementara pengumuman kelulusan pada November 2021, serta pemberkasan, dan penetapan NIP pada November-Januari 2021

Tahun ini total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 yang terdiri CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.275.387.

Kebutuhan tersebut terdiri atas kebutuhan instansi di pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi di pemerintah daerah sebanyak 1.191.718. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BKN
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca