Kualitas Udara di Kota Makassar Kembali Tidak Sehat Hari Ini

Selasa, 29 Agustus 2023 09:16 WITA Reporter : Makassarmetro
Kualitas Udara di Kota Makassar Kembali Tidak Sehat Hari Ini

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Kualitas udara di Kota Makassar kembali terpantau tidak sehat pada hari ini, Selasa (29/08/2023).

Data dari IQAir, perusahaan teknologi asal Swiss menunjukkan tingkat polusi udara di Makassar berada pada indeks 102. Atau masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Kelompok sensitif yang dimaksud adalah orang-orang yang memiliki kerentanan dengan polusi udara. Misalnya ibu hamil, balita, dan orang lanjut usia.

IQAIr juga mencatat angka PM 2.5 atau partikel halus yang berukuran kurang dari 2,5 mikron telah melebihi ambang batas, yaitu 35,8 mikrogram meter per kubik. Ini melebihi ketentuan WHO yakni 15 mikrogram meter per kubik.

Partikel halus ini muncul akibat berbagai aktivitas, seperti merokok, pembakaran sampah, dan emisi kendaraan bermotor, dan asap dari pembangkit listrik.

Partikel halus ini juga begitu kecil sehingga hanya dapat dilihat melalui mikroskop. Jika dihirup oleh kelompok sensitif bisa mengalami batuk, sesak nafas, atau infeksi saluran nafas (ISPA).

Tiga hari belakangan, IQAir juga menunjukkan kualitas udara di Makassar sudah tidak sehat. Pada kemarin, Senin (28/08/2023), indeks polusi mencapai 80. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Kualitas Udara
  2. Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca