Anggota DPRD Bone Soroti Pemkab Ajukan Pinjaman Rp100 M ke BPD

Rabu, 03 April 2024 13:18 WITA Reporter : Makassarmetro
Anggota DPRD Bone Soroti Pemkab Ajukan Pinjaman Rp100 M ke BPD

MAKASSARMETRO, BONE – Anggota DPRD Bone, Andi Ryad Baso Padjalangi menyayangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone telah mengajukan pinjaman sebesar Rp100 Miliar ke Bank Sulselbar.

Ia menilai pinjaman yang diajukan Pemkab Bone dibawah nahkoda Pj Andi Islamuddin akan berujung masalah. Apalagi ketika kredit masih berjalan di periode Bupati selanjutnya.

“Enak saja tiba-tiba menjabat seenaknya dengan mudah mengambil hutang. Yang kasihan nanti bupati yang definitif, bukannya membangun begitu terpilih malah sibuk membayar hutang?,” ungkapnya saat dihubungi, Rabu (03/04/2024).

Legislator dari Fraksi Golkar Bone ini juga mempertanyakan prosedur peminjaman yang ada. Menurutnya, setiap Anggota DPRD perlu dilibatkan dalam hal konsultasi sesuai PP Nomor 107 tahun 2020.

“Proses peminjaman tanpa diadakan konsultasi dengan seluruh anggota DPRD,” ucapnya.

Baso Ryad tidak mau ada kecurigaan kepada masyarakat perihal pinjaman tersebut, apalagi dikaitkan dengan Anggota DPRD Bone.

“Makanya saya selaku ketua fraksi golkar tidak lagi berada didalam proses pengambilan pinjaman ini. Jangan sampai masyarakat berfikir bahwa adanya dugaan ulah oknum DPRD yang bermaim dalam proses pinjaman dana ini akhirnya marwah lembaga DPRD ikut tercemar,” katanya.

Ia berharap proses pengajuan ini bisa dikawal oleh pihak Aparat Penegak Hukum (APH). Begitu juga dengan adanya dugaan Pemkab Bone mengalami defisit sebesar Rp100 Miliar

“Karena begitu defisit melewati ambang batas maka ada yang tidak berkesesuain dalam pengelolaan keuangan daerah artinya laen yang di rencanakan laen yang di belanjakan karena kalau perencanaan bagus tentu pengelolaannya pun seperti begitu,” tukasnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca