Rektor UNM Harap KELOPAK Nasional Perkuat Posisi Pramuka di Tingkat Nasional

Selasa, 24 September 2024 11:30 WITA Reporter : Makassarmetro
Rektor UNM Harap KELOPAK Nasional Perkuat Posisi Pramuka di Tingkat Nasional

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Kemah Lomba Pramuka Penegak Tingkat Nasional 2024 di Bumi Perkemahan Kostrad Kariango, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak 23 hingga 28 September 2024 tersebut, dihadiri oleh 729 Anggota Pramuka terdiri dari 648 Peserta Penegak dan 81 Pembina dari 81 pangkalan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kelopak ini menjadi ajang kepramukaan yang memperebutkan piala bergilir Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dilaksanakan terakhir 2018 dan kembali digelar 2024.

“UKM Pramuka UNM menghadirkan Kelopak sebagai wadah bagi Pramuka Penegak untuk menguji dan membuktikan hasil latihannya selama di gugus depan,” kata Ketua Sangga Kerja, Syahrul dalam laporannya, Senin 23 September 2024.

“Selain menjadi ajang lomba, KELOPAK juga dihadirkan sebagai ajang perkenalan sekaligus mempererat lingkaran persaudaraan antar anggota Pramuka Golongan Penegak,” Syahrul menambahkan.

Kegiatan Kelopak Nasional Tahun 2024 menghadirkan 19 lomba yang menitikberatkan kepada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak sendiri yang terdiri atas bidang spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik mental, baik secara individu dan sebagai anggota masyarakat.

Pelaksanaan Kelopak Nasional Tahun 2024 dilaksanakan dalam berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan umum, kegiatan wawasan, kegiatan wisata, dan kegiatan lomba.

“Dalam kegiatan lomba, dibagi menjadi beberapa kriteria yaitu lomba kepramukaan, lomba umum dan lomba favorit,” tutur Syahrul dalam laporannya

Kegiatan ini dibuka langsung Wakil ketua Kwartir Nasional, Dr. Rahmansyah, M.Si selaku Wakil Ketua Kwarnas bidang Binawarsa.

Dia menyampaikan, kegiatan ini bagian dari penghormatan dan rasa bangga melalui kegiatan pramuka atas segala motivasi dorongan dan semangat kepada adik-adik gerakan Pramuka untuk mempersiapkan dirinya menghadapi dunia kompetisi masa depan yang tentu semakin kompleks.

“Saya yakin dan percaya di minggu depan, bulan depan, tahun depan, anda belum bisa merasakan apa manfaatnya Kelopak, apa manfaatnya gerakan Pramuka, yakin dan percaya pada perspektif 10-15 tahun ke depan anda baru sadar dan tahu ini bahwa ini manfaatnya saya berpramuka hari ini, ini manfaatnya saya ikut Kelopak,” ungkap Rahmansyah.

“Manfaatkan kegiatan ini sebaik baiknya. manfaat untuk menjadi bekal adik-adik sekalian menghadapi kompetisi kehidupan tentu semakin kompleks ke depan. Indonesia butuh Pramuka, bukan pramuka yang butuh Indonesia,” Rahmansyah menambahkan.

Turut hadir dalam kegiatan, Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Karta Jayadi, M. Sn selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kota Makassar 08-095 & 08-096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Syahruddin, M.Kes.

Dalam sambutannya, Prof Karta Jayadi mengatakan, dalam segala kondisi baik itu panas, hujan, dingin, seorang Pramuka harus dapat beradaptasi dan siap selalu menghadapi tantangan yang ada.

Pramuka itu, sebut dia, dalam keadaan hujan, panas, malam, siang selalu siaga selalu bersatu dalam menyampaikan seluruh kegiatan-kegiatan yang terkait dalam kedudukannya di masyarakat maupun institusi masing-masing secara program.

“Karena itu selamat atas terselenggaranya Kemah Pramuka Penegak Tingkat Nasional Tahun 2024, semoga kegiatan ini mampu semakin memperkuat posisi-posisi Pramuka di dalam tataran kegiatan nasional yang sifatnya menjadi bagian terdepan dari kemajuan bangsa dan negara,” ujar Prof. Karta Jayadi.

Ia menegaskan, Pramuka harus senantiasa bersikap adaptif, mampu hidup, mampu menyesuaikan diri di manapun dia berada.

“Karena itu kita berharap kegiatan seperti ini akan terus menerus dilakukan berkat bantuan dan motivasi dari seluruh kalangan yang terkait kegiatan ini,” kata Prof. Karta Jayadi.

Hadir pula Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil mewakili Gubernur Propinsi Sulawesi Selatan Dr, Muh Iqbal Samad Suhaeb, SE.MT, Ketua Kwartir Cabang Maros HJ. Suhartina Bohari, S.E. M.I.kom, Mabigus UNM, Andalan Daerah Sulawesi Selatan dan Andalan Cabang Gerakan Pramuka Maros, Pembina UKM Pramuka UNM.

Dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan Kelopak Nasional 2024 di Kabupaten Maros, kegiatan ini dirangkaikan juga dengan penandatangan Kerjasama pihak Pemkab Maros bersama dengan Universitas Negeri Makassar terkait pelaksanaan Desa Binaan yang ditempatkan di Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

Hal menarik setelah acara pembukaan Kelopak Nasional Tahun 2024, Prof. Dr. H. Andi Kasmawati M. Hum, selaku Ketua Gugus Depan Kota Makassar 08-096 mengumumkan titipan dari Rektor Universitas Negeri Makassar.

“Titipan bapak rektor tadi, bahwa akan ada penerimaan PTN Khusus Anggota Pramuka yang juara di Kelopak ini,” ucap Prof. Andi Kasmawati.

Dia menyebutkan, jalur penerimaan PTN Khusus Anggota Pramuka tidak hanya menilai prestasi kepramukaan melainkan juga prestasi di luar kepramukaan.

Pengumuman ini disambut dengan sorak dan tepuk tangan gembira dari para peserta Kelopak Nasional Tahun 2024. Selanjutnya, pengumuman akan dikawal hingga penerimaan PTN khusus Anggota Pramuka di Universitas Negeri Makassar terealisasikan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Makassar
  2. UNM
Berikan Komentar
Komentar Pembaca