somberena parlementa

DP2 Makassar Gelar Pembinaan Bagi Kelompok Tani

Rabu, 24 April 2019 22:19 WITA Reporter : Helmi
DP2 Makassar Gelar Pembinaan Bagi Kelompok Tani

MAKASSARMETRO– Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar Pembinaan dan Penilaian Kelembagaan Kolompok Tani.

Kegiatan yang dihadiri oleh 70 orang perwakilan kelompok tani Kota Makassar ini dilaksanakan di Aerotel Smile Hotel, Jalan Muchtar Luthfi, Makassar. Rabu (24/4/2019).

Kabid Kelembagaan dan Pengembangan Usaha, Asmi Ali yang hadir membuka kegiatan tersebut berharap kegiatan ini bisa mengembangkan kapasitas dan kompetensi kelompok tani.

Utamanya bagaimana kapasitas umber daya manusia yang berkecimpung di sektor tani dapat menerapkan informasi dari hasil penyuluhan.

“Dengan begitu, kelompok tani Kota Makassar mendapat hasil dan tujuan bersama dalam berkelompok. Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi kelompok tani agar kedepan bisa lebih berkembang,” ungkap Asmi Ali.

Dirinya juga berharap, kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran yang bermanfaat bagi para kelompok tani dalam menjalankan pertaniannya.

Terpisah, Dosen Perikanan Unhas, Mardiana Ethrawaty Fachry, yang hadir sebagai pemateri mengungkap pemasalahan yang sering terjadi di kelompok tani, yakni kurangnya motivasi.

“Masalah yang sering terjadi di kelompok tani karena tidak adanya motivasi dalam melakukan pengembangan kelompok,” ungkap Mardiana.

Oleh karenanya dia meminta, anggota meningkatkan pola komunikasi dalam kelompok. Tujuannya, agar kerja sama dapat lebih padu dan yang paling penting belajar dari pengalaman.

Topik berita Terkait:
  1. Dp2
Berikan Komentar
Komentar Pembaca