somberena parlementa

Salut! Begini Cara Lurah Bitowa Bina Pedagang Kecil

Rabu, 19 Juni 2019 12:12 WITA Reporter : Ikbal
Salut! Begini Cara Lurah Bitowa Bina Pedagang Kecil

MAKASSARMETRO– Dalam rangka melakukan pembinaan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Lurah Bitowa Suryadi melakukan kunjungan ke beberapa UKM di RW 5.

Kunjungan pertama dilakukan di tempat usaha budidaya Jamur. Di tempat ini, pengelola usaha bernama Kartono dibantu ibu-ibu melakukan aktivitas mulai penyiapan media tumbuh jamur, penyemaian bibit, penyimpanan di ruang inkubasi hingga proses tumbuh dan panen jamur.

Menurut Kartono, saat ini jamur yang telah dipanen, diolah menjadi aneka produk makanan berbahan jamur dan sebagiannya dijual kepada warga atau dipasarkan secara online.

“Saat ini usaha jamur masih terus kami kembangkan. Mohon dukungan dan pembinaan dari pemerintah dan pihak terkait,” ujarnya.

Setelah melihat proses budidaya jamur, Lurah Bitowa mengunjungi UKM Khanza Gaza. Di tempat ini beberapa jenis produk makanan berbahan ikan seperti kerupuk cumi, kacang disko rumput laut, terasi udang dan biskuit glamorta.

Pemilik Usaha, Waqas Mahmoed, mengaku telah mengelola usaha ini sejak 5 tahun yang lalu dan beberapa produknya telah diikutkan pada event pameran berskala nasional.

Ke depannya, Waqas berkeinginan mengembangkan usahanya dengan konsep social preneurship sehingga beberapa warga sekitar bisa ikut terlibat dan memiliki penghasilan tambahan.

Dalam kunjungannya ke UKM, Lurah didampingi Ketua RW 05 Rita Kusuma dan Ketua RT 03 RW 05 Hj Maemuna.

Topik berita Terkait:
  1. Kecamatan Manggala
  2. Kleurahan Bitowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca