Survivor Kanker Nurlina Subair Bagi Tips Makanan Sehat Cegah dan Tangani Kanker Payudara

Jumat, 21 Juni 2019 21:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Survivor Kanker Nurlina Subair Bagi Tips Makanan Sehat Cegah dan Tangani Kanker Payudara

MAKASSARMETRO– Kanker payudara jadi momok bagi sebagian besar orang. Lambatnya mendeteksi gejala dan penanganan merupakan salah satu faktor terbesar menyebabkan kematian, utamanya perempuan.

Dilansir dari Globocan, angka kematian akibat kanker payudara pada perempuan tertinggi, jumlahnya 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk. Disusul kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk pada tahun 2018.

Salah satu survivor kanker, Nurlina Subair menyebut, meski Provinsi Sulsel berada di urutan nomor 6 skala nasional, dia menyebut tidak perlu takut secara berlebihan soal kanker payudara. Hal yang paling penting yakni pengetahuan tentang gejala, pencegahan, dan penanganannya.

“Sebagian besar nanti tahu bahwa dia pengidap kanker ketika sudah parah atau sudah stadium lanjutan, padahal penanganan bisa segera dilakukan jika kita mengenal gejalanya,” kata Nurlina Subair, Jumat (21/6/2019).

Nurlina yang juga pendiri Makassar Cancer Care Community (MC3) ini membagikan tips bagi perempuan untuk mendeteksi dini gejala kanker payudara.

“Jadi utamanya bagi adik-adik kita, perempuan jaman now, yang telah akil baligh, 10 hari pascahaid pertama segera diperiksa payudaranya. Apakah terdapat semacam benjolan atau tidak, kalau ada dianjurkan untuk memeriksakan lebih lanjut ke dokter untuk diidentifikasi lebih akurat,” ucapnya.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk penanganan medis lebih lanut jika betul terdapat gejala awal seperti berupa benjolan di bawah kulit payudara.

Dosen yang dikenal getol mengedukasi dan mengadvokasi soal kanker ini juga mengajak siapa saja saja untuk senantiasa membiasakan pola hidup sehat, mulai dari asupan makanan.

“Gaya hidup urban di kota besar seperti Makassar ini, perlu diimbangi dengan makan yang sehat, berimbang, sesuai kebutuhan tentunya jangan berlebihan. Misalnya kita suka makan coto atau pallubasa, tidak apa-apa, tapi dianjurkan jangan berlebihan. Bagus kalau diimbangi sayur dan buah yang segar,” kata Nurlina Subair.

Berolahraga ringan juga sangat dianjurkan oleh Nurlina yang mengidap penyakit mematikan ini pada 2012 silam. Begitu pula dengan banyak minum air.

“Itu tadi pencegahan, namun bagi mereka yang sudah divonis kanker, jangan segan untuk berdiskusi dengan kami di MC3, justru lebih cepat setelah mengetahui atau dideteksi dengan stadium yang masih awal jauh lebih bagus, karena peluang untuk sembuh jauh lebih besar,” pungkasnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca