somberena parlementa

Masih Banyak UKM yang Belum Masuk SIKP, Ini Langkah Diskop UKM Makassar

Kamis, 27 Juni 2019 19:35 WITA Reporter : Helmy
Masih Banyak UKM yang Belum Masuk SIKP, Ini Langkah Diskop UKM Makassar

MAKASSARMETRO – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Kota Makassar fokus melakukan pembaharuan data UKM yang beroperasi di Makassar.

Sekretaris Diskop dan UKM Makassar, Andi Herfidha Attas mengatakan, kegiatan rutin Diskop Makassar bertujuan untuk mendeteksi secara real time UKM yang masih eksis.

“Usaha itu sifatnya dinamis, bisa jadi bertambah atau sebaliknya, bisa saja ada yang sudah kolaps. Makanya, kita fokus updating UKM-UKM aktif supaya bisa masuk di Sistem Informasi Kredit Program,” kata Andi Herfidha.

Diskop dan UKM Makassar mencatat baru sekitar 800-an UKM yang sudah masuk ke SIKP Kementerian Keuangan. Padahal dia yakin jumlah UKM di Makassar lebih besar daripada itu.

Oleh karenanya, untuk mendukung proses pembaruan data ini pihaknya bakal mendistribusikan form isian bagi UKM-UKM yang ada di Makassar.

“Sejauh ini baru 800 an, saya yakin di Makassar jauh lebih besar daripada jumlah tersebut. Kita distribusikan form isian untuk memperbaharui data-datanya,” tegasnya.

Dia menyebut, tidak ada kerugian bagi UKM jika terdata dalam SIKP. Sebaliknya, justru manfaatnya jauh lebih besar, utamanya dalam pengembangan usahanya.

“Kalau dia terdeteksi dan terindentifikasi di SIKP, itu memudahkan mereka jikalau ada bantuan, misalnya permodalan dari pihak perbankan. Belum lagi bantuan lain dari pemerintah,” tukasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Dinas Koperasi
  2. UMKM
Berikan Komentar
Komentar Pembaca