Beri Kuliah Umum di AMI AIPI Makassar, Kapusbang SDM Kemenhub Motivasi Taruna

Jumat, 28 Juni 2019 12:44 WITA Reporter : Helmy
Beri Kuliah Umum di AMI AIPI Makassar, Kapusbang SDM Kemenhub Motivasi Taruna

MAKASSARMETRO – Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, I Nyoman Sukayadna memberi kuliah umum di Kampus Akademi Maritim Indonesia- Akademi Ilmu Pelayaran Indonesia (AMI AIPI) Makassar, Jumat (28/6/2019).

Dalam kesempatan itu, I Nyoman Sukayadna tidak hanya berbagi pengetahuan dengan taruna AMI AIPI Makassar tetapi juga memberikan motivasi agar menjadi sumber daya manusia yang prima dan berdaya saing.

Menurutnya, di era revolusi industri 4.0 di mana sebagian besar pekerjaan manusia secara perlahan digantikan perannya dengan mesin otomatis yang dilengkapi kecerdasan buatan.

“Jadilah SDM yang prima, profesional, beretika dan berdaya saing tinggi, apalagi di revolusi industri 4.0 yang ditandai kemajuan teknologi di berbagai bidang yang bisa menggantikan peran manusia. Tidak boleh dilupa juga, semangat integritas. Ini yang harus miliki,” ungkap I Nyoman.

Peran institusi pendidikan vokasi seperti AMI AIPI Makassar, kata I Nyoman sangat strategis untuk mengubah ancaman-ancaman yang timbul dari dampak revolusi industri 4.0 menjadi peluang, khususnya bagi lulusannya.

Selain itu dia juga mendorong pengembangan institusi vokasi, khususnya kemaritiman dan ilmu pelayaran, untuk mendidik dan melatih tarunanya agar berkompeten dan berdaya saing. Ada beberapa poin yang dinilai penting untuk mewujudkan hal ini.

“Yakni berorientasi demand driven, diklat berbasis kompetensi, kemitraan, insentif. Yang terakhir kreativitas dari institusi tersebut dan juga terobosan atau inovasi-inovasi,” katanya.

Sementara itu, Direktur AMI AIPI Makassar, Andi Muhammad Yani mengaku sangat senang dengan kehadiran I Nyoman Sukayadna guna memberikan kuliah umum.

Dia berharap pengetahuan, ilmu dan motivasi yang ia bagikan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tarunanya dan institusi yang dipimpinnya.

Ada beberapa yang sudah diterapkan beberapa tahun belakangan, yakni pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Andi Muhammad Yani menyebut, hal ini memang perlu dalam PBM, sehingga taruna alumni AMI AIPI bisa memanfaatkan ilmunya di dunia kerja.

“Alhamdulillaah, senada dengan Pak Kapusbang, yang paling pokok sebenarnya itu persoalan kualitas SDM. Ini sama dengan kita punya sistem di sini, mengutamakan kualitas dibandingkan kualitas. Alumni-alumni kita memenuhi kualifikasi dan berkompeten serta berdaya saing. Proses belajarnya pun memanfaatkan teknologi informasi yang memadai,” ucap Andi Muhammad Yani.

Oleh karenanya, dia meminta kepada masyarakat agar tidak ragu mempercayakan pendidikan vokasi kemaritiman dan ilmu pelayaran di AMI AIPI Makassar. Diketahui terdapat beberapa kejuruan yang ditawarkan, seperti Nautika, Tekhnika, serta Ketatalaksanaan Pelayaran dan Niaga.

Topik berita Terkait:
  1. Pendidikan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca