somberena parlementa

Ini Tiga Program Kerja Ketua FDGBI Mursalim

Selasa, 06 Agustus 2019 09:56 WITA Reporter : Widya
Ini Tiga Program Kerja Ketua FDGBI Mursalim

MAKASSARMETRO – Ketua Dewan Profesor Unhas, Prof Dr Ir Mursalim memperoleh kepercayaan untuk memimpin Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI) untuk dua tahun mendatang.

Serah terima jabatan pada hari pertama Musyawarah Nasional II dan Seminar Nasional FDGBI, di Hotel Claro, Makassar, 5 Agustus 2019.

Prosesi serah terima dari Ketua FDGBI periode sebelumnya, Prof Drs Koentjoro, MBSc, PhD dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ditandai dengan penyerahan dokumen-dokumen pengurus FDGBI.

Mursalim yang merupakan Guru Besar Fakultas Pertanian Unhas menjelaskan, dirinya menawarkan tiga agenda kerja yang akan menjadi fokus pada periode kepemimpinannya, yaitu: P
perkembangan Industri 4.0, Pemerataan Tingkat Pendidikan, dan Permasalahan Profesorship.
Ketiga isu ini dinilainya sedang menjadi isu hangat bagi publik Indonesia, terutama entitas pendidikan tinggi.

“Adanya tuntutan Industri 4.0 yang memang tidak bisa terhindarkan, pemerataan pendidikan yang belum optimal, permasalahan profesorship yang mana wacana rektor asing menjadi keresahan tersendiri di kalangan akademisi,” kata Mursalim dalam keterangan tertulis Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman.

Menurut mantan pelaksana tugas Direktur Politeknik Pertanian Pangkep ini, FDGBI menjadi wadah untuk mendengarkan masukan, saran dan gagasan dari seluruh guru besar yang ada di Indonesia. Masukan ini nantinya akan dibuatkan skala prioritas program kerja.

Kata Mursalim, salah satu tugas FDGBI adalah menyampaikan pokok-pokok pikiran yang diharapkan bisa menjadi masukan kepada pemerintah terkait kebijakan apa yang harus dilakukan. Selain juga memikirkan tentang eksistensi guru besar itu sendiri.

“Sudah banyak masukan yang diberikan, seperti adanya rektor asing, profesor asing, aturan yang bentrok dan banyak beberapa masukan lainnya. Semua masukan tadi kita analisa apa akar masalahnya dan program apa yang bisa dilakukan,” papar Mursalim.

Untuk diketahui, Mursalim merupakan guru nesar dalam Bidang Teknologi Pertanian pada Fakultas Pertanian Unhas. Ia pernah menjabat Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas 45 Makassar (sekarang Universitas Bosowa), Dekan Fakultas Pertanian Unhas periode 2002-2006, Direktur Program Pascasarjana Unhas, dan pelaksana tugas Direktur Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Ia berharap selama periode kepemimpinannya selama dua tahun mendatang akan dapat membangun sinergi dan memperoleh dukungan dari para guru besar se-Indonesia.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca