somberena parlementa

Kerja Sama Paguyuban Tionghoa Bangun Kantin Bhineka Tunggal Ika di Peternakan Unhas

Jumat, 16 Agustus 2019 16:31 WITA Reporter : Makassarmetro
Kerja Sama Paguyuban Tionghoa Bangun Kantin Bhineka Tunggal Ika di Peternakan Unhas

MAKASSARMETRO – Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, M.Agr. meresmikan kantin baru di Fakultas Peternakan Unhas.

Peresmian ini berlangsung pada Pukul 08.30 Wita di Fakultas Peternakan Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (16/8/2019).

Kantin yang diberi nama “Bhineka Tunggal Ika” didirikan Fakultas Peternakan yang berkolaborasi dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghua Indonesia (PSMTI).

Peresmian kantin ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Nurdin dan Rektor Dwia yang didampingi Ketua PSMTI.

Kantin ini telah diinisiasi dalam beberapa tahun terakhir. Salah seorang inisiator pendirian kantin, Prof Dr Ir H Sudirman Baco, M.Sc menjelaskan, kantin ini merupakan wujud peran fakultas bersama pimpinan universitas untuk menyediakan kantin kepada mahasiswanya.

“Kita dulu punya kantin, tapi kotor karena proses pengerjaan makanan yang disediakan dari pasar langsung diolah di kantin yang lama, sehingga jadinya tidak bersih. Oleh karena itu, kantin yang lama kami ubah jadi kantor dekanat, dan ini sekarang kantin kami yang merupakan kolaborasi antara Paguyuban Tionghua,” jelas Sudirman, yang merupakan Dekan Fakultas Peternakan periode sebelumnya.

Terkait nama yang diberikan yakni kantin “Bhineka Tunggal Ika” Sudirman menjelaskan, pemberian nama dimaksudkan untuk mewakili setiap perbedaan yang ada dalam lingkup kampus. Sehingga, siapa pun bisa masuk ke kantin tersebut.

“Terkait namanya, tentu karena kita melihat bahwa bukan hanya berkolaborasi dengan Paguyuban Tionghua, tetapi karena mahasiswa berasal dari banyak suku maupun agama dan ras yang mewakili makna dari Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu. Sehingga semua mahasiswa tanpa membedakan bisa masuk ke kantin ini. Baik dia dari fakultas di luar peternakan, bisa mampir ke sini,” kata Sudirman.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca