somberena parlementa

Dies Natalis Unhas, Imam Besar Masjid Istiqlal Beri Tausiah

Sabtu, 07 September 2019 20:51 WITA Reporter : Makassarmetro
Dies Natalis Unhas, Imam Besar Masjid Istiqlal Beri Tausiah

MAKASSARMETRO – Unhas menggelar Zikir Akbar dan Istighotsah di GOR Kampus Unhas Tamalanrea, Sabtu (7/9/2019). Acara yang dimulai Pukul 15.30 ini merupakan rangkaian Dies Natalis Unhas ke-63.

Zikir Akbar dihadiri oleh rektor Unhas, Majelis Wali Amanah, Senat Akademik, wakil Rektor, dekan, Ketua Lembaga serta Sivitas Akademika Unhas.

Acara zikir Akbar diawali oleh lantunan Ayat Suci Al’Quran, dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu MA.

Dalam sambutannya Rektor Dwia mengucapkan terima kasih kepada Prof K.H. Nasaruddin Umar. Di tengah kesibukannya, ia menyempatkan untuk hadir bersama membawakan ceramah di acara zikir akbar.

“Saya bertemu beliau pada berbagai forum nasional maupun internasional. Beliau merupakan Tokoh Ulama Dunia. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kesediaan untuk hadir hari ini,” ucap Rektor Dwia.

“Acara pada sore hari ini merupakan rangkaian dari acara dies Natalis Unhas ke-63 sebagai ucapan syukur atas segala karunia dan limpahan rahmat kepada kita semua, terutama kepada Universitas Hasanuddin,” tambah Dwia.

“Kegiatan ini juga merupakan momentum kita semua untuk mengingat Allah, momentum untuk memohon pertolongan kepada Allah untuk diberikan kedudukan yang tinggi di hadapan Allah SWT,” kata Dwia.

“Semoga rutinitas yang diadakan setiap tahunnya ini akan melahirkan insan- insan cendekia,” tambahnya.

Sebelum menutup sambutannya, Rektor Unhas mengucapkan terima kasih kepada panitia FKG Dan FKM atas terselenggranya acara ini.

Acara selanjutnya diisi dengan Zikir Asmaulhusna yang dibawakan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Unhas.

Dalam tausiahnya, Prof K.H. Nasaruddin Umar mengucapkan terima kasih kepada Universitas Hasanuddin yang telah mengundang untuk membawakan ceramah pada acara sore hari ini.

“Perubahan yang luar biasa dicapai Unhas saat ini di bawah kepemimpinan Ibu Rektor, Unhas menjadi lebih cantik dan lebih hujau. Terkadang feminis itu lebih menunjukkan kekuatan dibanding maskulin,” kata Nasaruddin.

“Jika kita cermati, nama-nama Allah SWT dalam Asmaul Husna itu sekitar 80 persen merupakan sisi feminis dari kekuatan Allah. Hal lain yang saya syukuri adalah kegiatan Zikir Akbar ini dilaksanakan di Gelanggang Olah Raga, dan bukan di masjid. Kita perlu ingat semua, bahwa Rasulullah SAW itu sangat mencintai olahraga. Beliau adalah juara gulat yang hingga akhir hayatnya tidak ada yang dapat merebut sabuk juara yang beliau sandang,” kata Nasaruddin sambil menceritakan kisah kenabian.

Di akhir ceramahnya, Nasaruddin menitipkan harapan agar kegiatan seperti ini terus dilaksanakan pada masa mendatang.

“Semoga kedepannya kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan tiap tahunnya. Siapapun Rektornya atau pimpinan Unhas ke depan, saya berharap momen seperti ini dijaga,” kata Nasaruddin.

Zikir Akbar dan Istighotshah ini diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar. Para hadirin melaksanakan shalat maghrib secara berjamaah sebelum meninggalkan lokasi acara.

Topik berita Terkait:
  1. Prof K.H. Nasaruddin Umar
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca