somberena parlementa

Forum Dekan Universitas Riau Diskusi PTN-Badan Hukum di Unhas

Jumat, 13 September 2019 11:27 WITA Reporter : Makassarmetro
Forum Dekan Universitas Riau Diskusi PTN-Badan Hukum di Unhas

MAKASSARMETRO – Delegasi forum Dekan dari Universitas Riau (UNRI) berkunjung ke Universitas Hasanuddin, Jumat, (13/9/2019). Kedatangan delegasi ini disambut pimpinan Unhas di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas.

Turut hadir dalam kegiatan penerimaan ini, Sekretaris Unhas Prof Dr Ir Nasaruddin Salam, MT, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr drg Arsunan Arsin, M.Kes, beberapa dekan, direktur, dan Kepala Biro di lingkup Unhas.

Acara dibuka Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D. Dalam pengantarnya, Suharman menyampaikan selamat datang kepada delegasi UNRI.

Dosen Fakultas Tekni ini berharap, kedatangan delegasi forum dekan dari UNRI dapat mempererat hubungan baik yang telah terjalin selama ini.

“Secara khusus kami berharap diskusi kita hari ini dapat memenuhi harapan delegasi dari Riau, yang telah jauh-jauh datang. Tentu saja ada pertimbangan khusus yang mendasari kenapa Unhas menjadi pilihan bagi UNRI untuk berdiskusi tentang PTN Badan Hukum,” kata Suharman.

Suharman mengatakan bahwa sudah banyak kampus yang berkunjung ke Unhas dan berdiskusi tentang PTN Badan Hukum.

Kampus-kampus seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, dan lain-lain juga datang berdiskusi disini.

“Meskipun usia Unhas dengan kampus-kampus tersebut relatif sama, namun dalam beberapa aspek Unhas berhasil melejit pesat dalam hal tata kelola, inovasi, dan lain-lain,” papar Suharman.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau, Prof Dr H.M Nur Mustafa, M.Pd mengatakan tujuan kunjungan ini untuk bersilaturahmi dan berdiskusi dengan Unhas terkait persiapan UNRI untuk menjadi PTN-BH, strategi perencanaan bisnis dan inovasi, serta diskusi mengenai pengelolaan akademik dan kemahasiswaan.

“Kami memilih Unhas, karena kampus ini merupakan PTN Badan Hukum di luar pulau Jawa yang paling cepat kemajuannya setelah menjadi PTN Badan Hukum. Sebagai sesama kampus di luar pulau Jawa, banyak hal yang bisa kami pelajari dari Unhas. Kami berharap bisa belajar banyak dan bertukar pikiran dari Unhas dan tentunya bisa mengikuti jejak Unhas sebagai salah satu PTN yang prestasinya terus meningkat secara signifikan, terutama di bidang inovasi,” kata Nur Mustafa.

Hal tersebut diamini oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau, Prof. Dr. Sujianto, M.Si. Menurutnya, UNRI sudah memiliki sejumlah potensi dan fasilitas, namun masih belum mampu memberikan pemasukan yang diharapkan.

“UNRI sudah punya beberapa fasilitas, seperti Rumah Sakit, Penerbitan, Koperasi, Wisma, dan sebagainya. Namun pendapatan kami masih belum maksimal sehingga pengelolaan keuangan dan peningkatan kinerja kami pun belum maksimal. Itulah mengapa UNRI berharap Unhas bisa berbagi tips dan trik bagaimana bisa menyandang status PTN-BH agar kami bisa mengelola keuangan kami secara mandiri. Mudah-mudahan setelah pertemuan ini, apa yang menjadi harapan kami bisa terwujud dalam waktu dekat,” kata Sujianto.

Sementara itu, Sekretaris Universitas Hasanuddin , Prof. Dr. Nasaruddin Salam, MT, dalam pemaparannya mengatakan bahwa salah satu unsur terpenting dalam peningkatan aspek-aspek di Universitas adalah stabilitas.

“Ada banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk bisa melakukan otonomi mandiri, namun yang harus disiapkan paling awal oleh UNRI untuk mencapai status PTN-BH adalah persiapan sumber daya dengan memproyeksikan berapa jumlah SDM yang masih aktif dan akan pensiun selama lima tahun ke depan. Jumlah SDM ini berbanding lurus dengan keseimbangan kinerja dan pemaksimalan pengelolaan keuangan demi mencapai stabilitas” jelas Nasaruddin.

Pertemuan dan diskusi yang diikuti sekiar 30-an peserta dari Unhas dan delegasi UNRI ini berlangsung dalam suasana serius dan hangat.

Topik berita Terkait:
  1. Pendidikan
  2. PTN-BH
  3. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca