somberena parlementa

Fakultas MIPA Unhas Gelar Seminar Nasional Statistika

Kamis, 19 September 2019 16:49 WITA Reporter : Makassarmetro
Fakultas MIPA Unhas Gelar Seminar Nasional Statistika

MAKASSARMETRO – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA, Unhas menyelenggarakan Seminar Nasional Statistika dan Aplikasinya. Seminar yang mengangkat tema “Small Area Estimation for Official Statistics: Menuju Satu Data Yang Berkualitas” berlangsung di Science Building, Fakultas MIPA, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (19/9/2019).

Turut hadir dalam seminar yakni Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan (Prof. dr. Muh Nasrum Massi, Ph.D), Deputi Bidang Statistik Sosial RI (Dr. Margo Yuwono), Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan (Yos Rusdiansyah, SE., MM), Dekan MIPA (Dr. Eng. Amirudin, S.Si., M.Si).

Seminar Nasional dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Prof. dr. Muh Nasrum Massi, Ph.D.

Dalam sambutan, ia mengapresiasi kegiatan yang dilakukan, terlebih tema seminar yang membahas terkait data yang berkualiatas.

Seminar ini memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait pentingnya sebuah data yang akurat dan berkualitas.

“Ini sangat menarik, apalagi dibidang kami riset dan Inovasi yang mana hampir semua kegiatan tidak lepas dari rujukan data. Riset maupun publikasi yang dilakukan jika tidak memiliki data yang akurat maka analisisnya akan sangat susah,” jelas Nasrum.

Ketua Panitia, Dr. Nirwan Ilyas, M.Si menjelaskan bahwa seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Statistik Nasional.

Tujuan seminar ini adalah untuk membantu sosialisasi program pemerintah terkait penyediaan data yang berkualitas dan akurat. Ia berharap seminar ini bisa memberikan dampak positif kepada peserta terkait pentingnya data.

“Ini seminar kedua yang kami lakukan setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Maret 2018. Tentu kami berharap seminar ini bisa menjadi sarana untuk saling mengingatkan terkait data yang akurat dan bisa dipercaya. Sehingga masyarakat mengetahui kebermanfaatan dari sebuah data itu,” jelas Nirwan.

Seminar Statistika (SemStat) kedua yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA ini menghadirkan dua Narasumber, yakni Prof. Dr. Ir. Khairil Anwar Notodiputro ,M.Sc., dan Dr. Budi Santoso. Dalam Seminar ini, terdapat 121 paper dipresentasikan, yang berasal dari tiga kaetegori yakni dosen, mahasiswa, dan alumni. Paper-paper ini akan diterbitkan dalam prosiding.

Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 100 peserta dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, maupun lembaga Pemerintahan seperti BPS Provinsi dan Daerah berlangsung hingga Pukul 16.00 Wita.

Topik berita Terkait:
  1. Fakultas MIPA Unhas
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca