somberena parlementa

Bank Indonesia Corner Hadir di Perpustakaan Unhas

Senin, 30 September 2019 18:04 WITA Reporter : Makassarmetro
Bank Indonesia Corner Hadir di Perpustakaan Unhas

MAKASSARMETRO – Bank Indonesia merealisasikan program sosial dalam aspek pendidikan dengan membuka Bank Indonesia Corner (BI Corner) di perpustakaan Universitas Hasanuddin.

Peresmian BI Corner ke-12 di kawasan Sulawesi Selatan ini berlangsung di UPT Perpustakaan Pusat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (30/9/2019).

Turut hadir dalam acara peresmian, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D, Pj. Kepala Group Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Selatan Iwan Setiawan, Kepala Perpustakaan Unhas Dr. Fierenziana G. Junus, M.Hum., para dekan lingkup Unhas, dan beberapa tamu undangan.

Peresmian BI Corner ditandai dengan pengguntingan pita oNasrum Massi bersama dengan Iwan Setiawan, yang didampingi oleh Kepala UPT Perpustakaan Unhas.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan kepada Unhas. Ia juga berharap hadirnya BI Corner ini akan memberikan kemudahan informasi kepada mahasiswa maupun dosen terkait kebijakan maupun perekonomian negara.

“Kita berharap hadirnya BI Corner ini akan banyak hal yang bisa kita kerjakan bersama. Kami mendukung beberapa institusi dalam negara maupun perwakilan negara asing untuk membuat pojok seperti ini. Konsep perpustakaan akan semakin berkembang, dimana mahasiswa datang bukan hanya untuk membaca buku, tetapi perpustakaan juga menghadirkan sumber informasi yang bermanfaat kepada mahasiswa,” jelas Nasrum.

Pada kesempatan yang sama, Iwan Setiawan selaku perwakilan Bank Indonesia, menjelaskan bahwa BI Corner merupakan salah satu Program Sosial bidang Pendidikan yang bertujuan untuk mendekatkan BI kepada kalangan akademisi secara khusus, dan masyarakat secara umum.

Hadirnya BI Corner di Unhas, akan memberikan kemudahan kepada akademisi untuk mengetahui lebih jauh tentang BI. Ia berharap, BI Corner Unhas bisa dimanfaatkan, dipelihara, dan dimaksimalkan dengan baik.

“Terima kasih kepada Unhas yang sudah mau bekerja sama. BI Corner sendiri sudah ada sejak 2015. Kami berkomitmen akan menghadirkan 1000 Corner sampai akhir tahun 2020 mendatang,” jelas Iwan.

Bi Corner, lanjutnya, memang menjadi saluran bagi Bank Indonesia untuk dekat dengan dunia pendidikan, bukan hanya dalam bentuk buku. Tapi, kami juga menyiapkan hasil-hasil riset yang sudah BI lakukan, informasi tentang fiskal, pariwisata, dan sebagainya.

“Jadi lebih memudahkan untuk mengetahui dan mencari informasi yang dibutuhkan,” katanya.

Kepala Perpustakaan Unhas, Dr. Fierenziana G. Junus, M.Hum., menjelaskan proses kehadiran BI Corner di Unhas.

Sebelum Corner ini ada, pihak Perpustakaan Unhas telah membuat proposal dan kemudian dilakukan peninjauan kelayakan oleh Bank Indonesia. Selanjutnya mendapat persetujuan untuk menghadirkan BI Corner.

“Jadi prosesnya tidak mudah. Ada beberapa tahapan yang harus kami lalui sebelum BI Corner ini hadir di Unhas. Maka dari itu, kami sangat bersyukur dan menyambut baik kehadiran dari Corner ini. Dengan hadirnya Corner ini maka akan lebih memudahkan mahasiswa dan dosen untuk mencari informasi keilmuan mereka. Hal ini sejalan dengan fungsi UPT Perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengetahuan,” kata Fierenziana.

Topik berita Terkait:
  1. Bank Indonesia
  2. BI Corner
  3. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca