somberena parlementa

Unhas dan IZI Wisuda 10 Mahasiswa Program Beasiswa Tahfidz

Senin, 30 September 2019 17:54 WITA Reporter : Makassarmetro
Unhas dan IZI Wisuda 10 Mahasiswa Program Beasiswa Tahfidz

MAKASSARMETRO – Unhas bersama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mewisuda 10 mahasiswa program Beasiswa Tahfidz di Aula LPMPP Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (30/9/2019).

Prosesi wisuda dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Prof.Dr. Ir. Muh. Restu,MP, Direktur IZI Wildhan Dewayana, Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia Prof. Dr. Budu, Ph.D., Sp.M, Kepala Perwakilan IZI Sulawesi Selatan Arman, S.Kep, beberapa dekan fakultas, tamu undangan dan orangtua mahasiswa.

Restu menyampaikan Unhas sangat mendukung program-program yang mengarah kepada pembentukan insan yang cendekia dan berkarakter. Unhas berharap tidak hanya menghasilkan mahasiswa yang memiliki nilai akademik tinggi, akan tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual.

“Ibu Rektor sangat memberikan perhatian kepada program-program seperti ini. Karena hal ini memberikan ilmu lebih kepada mahasiswa yang mana kita harapkan kedepan mereka bisa menjadi generasi penerus yang berkarakter dan memiliki tanggung jawab lebih kepada masyarakat,” jelas Restu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Unhas yang juga merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. Budu, Ph.D., Sp.M., menambahkan terkait perhatian dan komitmen yang dimiliki oleh Unhas untuk membentuk mahasiswa berkarakter.

“Di Unhas kita memiliki agenda tiap pekan yakni Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah. Ini merupakan salah satu perhatian Unhas untuk memfasilitasi mahasiswa belajar agama. Setiap fakultas mempunyai musholla bahkan masjid sebagai sarana ibadah dan tempat kegiatan-kegiatan pembinaan spiritual. Kita berharap anak-anak yang hari ini diwisuda bisa bergabung dalam agenda rutin tersebut, untuk menjadi contoh teladan kepada yang lainnya,” kata Budu.

Direktur IZI, Wildhan Dewayana menjelaskan, Beasiswa Mahasiswa Tahfidz merupakan salah satu program “IZI to smart” yang memberdayakan dana zakat dibidang pendidikan.

Program tersebut bertujuan menghasilkan insan cendekia yang tidak hanya pandai dalam segi intelektual, tapi pandai dalam segi keagamaan.

“Kami mulai dari tahun 2017 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 70 orang, kemudian dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Untuk tahun ini, kita sudah menerima 120 lebih peserta yang tersebar di beberapa wilayah. Saat ini banyak penghafal quran yang tidak berasal dari pesantren, untuk itu kami hadir memberikan wadah kepada mereka mengenal Alquran lebih dekat. Program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dengan tujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan tingkat Perguruan Tinggi. Tidak lupa pula ucapan terima kasih kepada Unhas atas dukungan dan bantuan yang diberikan selama ini untuk mengawal apa yang dilakukan,” jelas Wildhan.

Topik berita Terkait:
  1. IZI
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca