somberena parlementa

Unhas dan Kemenlu RI Gelar Sosialisasi Program Diplomat dan Calon ASN

Jumat, 18 Oktober 2019 12:04 WITA Reporter : Makassarmetro
Unhas dan Kemenlu RI Gelar Sosialisasi Program Diplomat dan Calon ASN

MAKASSARMETRO – Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK), Unhas bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia menyelenggarakan sosialisasi “Profesi Diplomat & Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)”.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Iptek Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (18/10/2019).

Kepala Biro Kemahasiswaan Unhas, Ir. Andi Darwin, MM membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, ia menjelaskan manfaat yang didapat oleh peserta yang hadir dan berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana informasi terkait proses rekruitmen Kemenlu.

Ia menabahkan, sosialisasi ini bisa meningkatkan daya saing dan kualitas bersaing mahasiswa maupun alumni dalam dunia kerja.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena bisa menjadi wadah anak-anakku untuk mempersiapkan diri dan mengumpulkan informasi mengenai proses rekruitmen yang akan diselenggarakan Kemenlu. Anak-anakku jadikan ini tempat belajar, sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Karena proses belajar itu terus berlanjut, bahkan sampai kalian berada di lingkungkan kerja,” kata Andi Darwin.

Tantangan dunia kerja dewasa ini semakin ketat. Apalagi dengan kemajuan industri dan teknologi 4.0.

Berbagai bidang pekerjaan baru bermunculan, bidang pekerjaan lama membutuhkan penyesuaian-penyesuaian baru.

“Bahkan, ada kemungkinan beberapa bidang pekerjaan itu bisa hilang dan digantikan dengan pekerjaan baru. Jadi perlu kejelian dan kesiapan melihat peluang, diikuti dengan meningkatkan kompetensi dasar,” kata Andi Darwin.

Di akhir sambutannya, Andi Darwin mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh DAPK Unhas dan Kemenlu untuk mengadakan sosialisasi ini. Hal ini agar informasi tersebut benar-benar tersampaikan kepada alumni maupun mahasiswa, mengingat seleksi CPNS akan segera dibuka.

Pada kesempatan yang sama, Rizal Rahardian Maulana, MA., Kepala Biro P3K Sumber Daya Manusia Kemenlu RI, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Unhas dan Kemenlu. Ia berharap sosialisasi ini bisa meningkatkan ketertarikan yang kuat untuk bergabung di Kemenlu.

“Kami merasa terhormat berada di sini, tim kami datang khusus dari Jakarta untuk ini. Kegiatan kita akan lebih berisi sharing story terkait tugas diplomat, keistimewaan yang dimiliki seorang diplomat, rencana rekruitmen, maupun jabatan fungsional yang ingin diisi tahun ini. Teman-teman bisa jadikan ini sebagai sumber informasi untuk mempersiapkan diri teman-teman yang memang tertarik bergabung. Walaupun ada yang tidak tertarik, kami berharap teman-teman bisa membagi informasi yang didapat ke orang lain,” jelas Rizal.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan tiga fasilitatori dari Kemenlu RI, yakni Rizal Rahardian Maulana, MA., Alana Sisilia Warandi dan Riski Khaerunisa yang menjelaskan terkait Profesi Diplomat dan Calon Aparatur Sipil Negara secara mendalam kepada peserta yang hadir. Dalam proses sosialisasi, peserta yang hadir antusias dengan memberikan pertanyaan.

Topik berita Terkait:
  1. DAPK Unhas
  2. Kemlu
  3. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca