somberena parlementa

Orangtua Tak Perlu Takut, Kadinkes Makassar Bicara Pentingnya Imunisasi

Selasa, 22 Oktober 2019 13:36 WITA Reporter : Haider
Orangtua Tak Perlu Takut,  Kadinkes Makassar Bicara Pentingnya Imunisasi

MAKASSARMETRO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mengelar workshop Program Imunisasi Rutin 2019 di Hotel Whiz Prime Makassar, Tabu (22/10/2019). Kegiatan ini sebagai upaya memberi kesadaran pentinya imunisasi lengkap.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pembentukan antibod. Selian juga untuk memperkuat kerja sistem imun tubuh anak saat melawan patogen kuman bakteri jamur virus dan lainnya, penyebab penyakit berbahaya.

“Imunisasi dilakukan dengan menyuntikkan versi jinak dari virus atau bakteri penyakit yang sudah dilemahkan tubuh anak kemudian mendeteksi kedatangan sebagai ancaman dan memicu sistem imun untuk memproduksi antibodi yang nantinya bertugas untuk melawan penyakit,” kata Naisyah.

Berdasarkan data riset kesehatan Dasar riskesdas tahun 2013, ada berbagai alasan yang membuat anak tidak menerima imunisasi yakni cukup banyak orangtua yang takut akan mitos imunisasi menyebabkan autisme dan membuat anak jadi gampang sakit sehingga tidak mengizinkan anaknya.

“Jadi kita suatu saat anak terserang penyakit tersebut tubuhnya sudah memiliki pasukan antibodi yang mampu mengenali dan melawan serangan virus atau bakteri,” jelasnya.

Begitu pula dengan haemophilus influenza tipe B yang menyebabkan pneumonia. Agar terbentuk kekebalan masyarakat yang tinggi dibutuhkan cakupan imunisasi dasar dan lanjutan yang tinggi dan merata di seluruh wilayah bahkan sampai tingkat desa

“Bila tingkat kekebalan masyarakat tinggi maka yang terlindungi bukan hanya anak-anak yang mendapatkan imunisasi tetapi juga seluruh masyarakat melalui workshop program imunisasi rutin diharapkan petugas Puskesmas Rumah Sakit klinik dan sekolah dapat berperan aktif dalam meningkatkan cakupan Indonesia imunisasi di Indonesia,” jelasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Dinas Kesehatan Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca