Fakultas Keperawatan Unhas dan Kelurahan Tamalanrea Jaya Gelar Festival Kesehatan

Senin, 11 November 2019 18:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Fakultas Keperawatan Unhas dan Kelurahan Tamalanrea Jaya Gelar Festival Kesehatan

MAKASSARMETRO – Departemen Keperawatan Komunitas, Keluarga dan Gerontik, Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kota Makassar, menyelenggarakan Festival Kesehatan Komunitas 2019.

Festival yang mengusung tema “Satu Gerakan Menuju Masyarakat Sehat” ini berlangsung di Kampung Parang, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Makassar, Minggu (10/11/2019).

Lurah Tamalanrea Jaya Andi Salman Baso, menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan. Ia berharap kegiatan positif ini bukan hanya dilaksanakan di satu kampung saja, melainkan seluruh wilayah Tamalanrea Jaya.

“Kegiatan seperti ini dapat membantu masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan. Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti secara menyeluruh oleh warga, sehingga dapat memperoleh manfaat yang sebesarnya,” kata Andi Salman.

Nurhaya Nurdin selaku koordinator kegiatan mengungkapkan, Festival Kesehatan merupakan pesta perayaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan.

Kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh edukasi kesehatan, sekaligus memeriksakan kesehatan mereka.

Ia berharap, usai kegiatan ini masyarakat lebih sadar tentang kondisi kesehatan atau potensi masalah kesehatan yang dialaminya. Sehingga mereka dapat secara dini melakukan pencegahan melalui cara-cara hidup sehat yang tepat guna memiliki kualitas hidup dan kesehatan kedepan yang lebih baik.

“Kesehatan adalah hal yang paling utama untuk diperhatikan. Memperhatikan kesehatan bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Misalnya, menjaga pola makan dan lingkungan,” jelas Nurhaya.

Dalam kegiatan ini, Fakultas Keperawatan menyediakan beberapa item kegiatan yang terdapat dalam sembilan stand berbeda. Kesembilan stand tersebut adalah:

  1. Stand pendidikan kesehatan kelompok tentang hipertensi, diabetes mellitus pada dewasa dan lansia, pertolongan pertama pada kegawatan anak dan bayi di rumah.
  2. Stand Pemeriksaan kesehatan berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, cek golongan darah, cek gula darah dan cek asam urat.
  3. Stand demonstrasi makanan rendah garam.
  4. Stand makanan sehat yang berasal dari swadaya masyarakat.
  5. Stand pemeriksaan kadar garam dalam urine menggunakan alat ukur dari Kanazawa University, Jepang.
  6. Stand edukasi individu dan pengambilan media edukasi.
  7. Stand pameran tanaman obat keluarga dan khasiatnya,
  8. Stand Decoupage yaitu pelatihan daur ulang sampah dengan teknik decoupage untuk remaja dan ibu-ibu rumah tangga
  9. Stand khusus untuk games dan edukasi kesehatan bagi anak-anak.

Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan ini, yang terlihat dari banyaknya warga yang berpartisipasi mengunjungi setiap stand.

Topik berita Terkait:
  1. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca