somberena parlementa

Dosen FK Unhas Paparkan Hasil Penelitian Terbaru tentang Kanker Hati dan Malaria

Jumat, 15 November 2019 20:15 WITA Reporter : Makassarmetro
Dosen FK Unhas Paparkan Hasil Penelitian Terbaru tentang Kanker Hati dan Malaria

MAKASSARMETRO – Fakultas Kedokteran, Unhas menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan dua pemateri yang masing masing membahas topik berbeda.

Pemateri yang dihadirkan merupakan dosen FK yang melakukan penelitian gabungan dengan dosen asing. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Senat FK, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (15/11/2019).

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes mengapresiasi capaian kedua dosen FK yang berinovasi dan memperkaya serta memperbarui ilmu.

dr. Yenni Yusuf, Ph.D, Dosen Departemen Patologi FK Unhas sekaligus tim laboratorium Vaksin dan Imun di Universitas Kanazawa, Jepang menyampaikan materi “Development Of Malaria Vaccines for Protection and Transmision Blockade”.

Penelitian pada penyakit malaria dan perkembangan vaksin ini bertujuan untuk menghasilkan vaksin yang memiliki proteksi efektif terhadap plasmodium yang ada dalam gigitan nyamuk .

Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yakni protective efficacy study dan transmision blocking assay yang menghasilkan dua antigen.

“Kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit malaria cukup besar. Dari jumlah kasus kurang lebih 217 juta, setidaknya ada 435 ribu kematian yang disebabkan oleh penyakit ini,” jelas dr. Yenni.

Pada kesempatan yang sama, dr. Rusdina Bte Ladju, Ph.D selaku pemateri kedua yang juga dosen di Departemen Patologi Anatomi dan tim peneliti laboratorium Yayasan Liver Universitas Trieste, Italia, menjelaskan materi mengenai “The Importance of Death Receptor Pathway In Hepatocellular Carcinoma and Its Potential in the Development of Oligonucleotodi Nanomedicine”.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Rusdiana menjelaskan bahwa 99% kasus kanker liver disebabkan oleh Hepatocellular Carcinoma atau HCC, yaitu jenis penyakit liver yang terjadi karena komplikasi penyakit hati, seperti sirosis dan radang hati.

“Lebih dari 15 juta kasus baru yang disebabkan oleh beberapa jenis kanker. Penyebarannya dari Asia sampai Afrika. Diprediksi, pada tahun 2040, peningkatan liver cancer akan meningkat di wilayah Eropa dan Amerika yang salah satu faktornya disebabkan oleh gaya hidup,” jelas dr Rusdina.

Para peserta yang mengikuti kegiatan antusias mendengar dan memberikan pertanyaan kepada pemateri. Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta, baik mahasiswa maupun dosen.

Topik berita Terkait:
  1. FK Unhas
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca