somberena parlementa

Pertama di Sulsel, Pusat Bahasa Unhas Gelar Seminar Penerjemahan

Sabtu, 16 November 2019 16:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Pertama di Sulsel, Pusat Bahasa Unhas Gelar Seminar Penerjemahan

MAKASSARMETRO – Pusat Bahasa, Unhas bekerja sama dengan Departemen Sastra Inggris dan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) menyelenggarakan Seminar Penerjemahan dengan tema “Merangkai Kata, Menuai Rupiah”.
Kegiatan ini berlangsung di Aula Prof Matuladda, Fakultas Ilmu Budaya, Kampus Tamalanrea, Makassar, Sabtu (16/11/2019).

Kegiatan dibuka oleh Ketua Departemen Sastra Inggris, Dr. Abidin, MA. Dalam sambutannya menyebutkan bahwa seminar penerjemahan menjadi salah satu sarana bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang tersebut.

Apalagi seminar penerjemahan ini adalah yang pertama diselenggarakan di Sulawesi Selatan. Ia berharap, hadirnya seminar ini mampu memberikan ilmu dan pengetahuan baru mengenai profesi penerjemah.

Herawaty Abbas, Panitia penyelenggara sekaligus Kepala UPT Pusat Bahasa Unhas menambahkan bahwa kegiatan ini memberikan gambaran tentang peluang-peluang dalam bidang penerjemahan.

Kegiatan ini bukan hanya memberi gambaran mengenai penerjemah dalam bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya, tetapi juga bahasa daerah. Sehingga, peserta yang hadir mendapatkan informasi yang seluas luasnya dalam bidang penerjemahan.

“Saat ini banyak yang bingung dalam mencari pekerjaan. Padahal, jika mampu melihat peluang, profesi penerjemah sangat menjanjikan. Sebagian hanya menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan, tanpa melihat keberhasilan seperti apa yang akan didapatkan dari profesi ini,” jelas Herawaty.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) secara simbolis menyerahkan bendera HPI Komisariat Sulsel kepada Herawaty Abbas selaku ketua HPI Komisariat Sulsel.

HPI Komisariat Sulsel merupakan yang pertama terbentuk di Sulawesi Selatan. Dimana, dalam pembentukannya, Herawaty Abbas yang juga Kepala UPT Pusat Bahasa Unhas mendapatkan kepercayaan sebagai ketua.

Hananto Sudarto selaku Ketua HPI Pusat berharap, hadirnya HPI Komisariat Sulsel bisa menjadi jembatan penghubung untuk bersinergi dalam mengembangkan dan meningkatkan industri penerjemah di Indonesia.

Usai pembukaan dan penyerahan bendera HPI Komisariat Sulsel, selanjutnya penyampaian materi dari Anna Wiksmadhara (Sekretaris Umum HPI Pusat). Dalam kesempatan tersebut, Anna membawakan materi “Potensi Profesi Penerjemah dan Juru Bahasa”.

Topik berita Terkait:
  1. Pusat Bahasa Unhas
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca