Unhas Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019

Kamis, 05 Desember 2019 17:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Unhas Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019

MAKASSARMETRO – Program Magister Ilmu Politik, Fisip Unhas kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyelenggarakan seminar nasional evaluasi Pemilu 2019.

Kegiatan yang menghadirkan Ketua Umum AIPI yang juga merupakan anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Dr. H. Alfitra Salam, APU ini berlangsung di Aula Prof. Syukur Abdullah, Lt. 3 Gedung Fisip Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (5/12/2019).

Dekan Fisip Unhas Prof. Dr. Armin, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan seminar bertujuan berbagi dan mendengarkan informasi, saran, maupun masukan mengenai pemilu serentak 2019 lalu.

Menurutnya, seminar ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui pandangan akademisi dalam menilai Pemilu serentak 2019 yang telah berlangsung.

“Perlu adanya forum yang digunakan untuk bersama-sama mengevaluasi pemilu tersebut. Sehingga, kita bisa mengetahui aspek dari kegiatan pemilu yang perlu dibenahi bersama pada masa mendatang,” jelas Armin.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. H. Alfitra Salam sebagai narasumber membahas lima poin penting pemilu serentak 2019 yang seyogyanya perlu dievaluasi bersama yakni masalah kandidat calon, pemilih, aspek institusi atau pelaksana Pemilu, aturan serta integritas dari Pemilu.

Alfitra menjelaskan, pemilu serentak berpotensi untuk membingungkan pemilih. Sebab, sebagian besar pemilih berfokus pada calon presiden dan wakil presiden. Padahal, pemilihan calon eksekutif dan legislatif sama pentingnya. Hal terjadi karena polarisasi politik akibat hanya terdapat dua calon presiden.

“Pelanggaran paling banyak ada pada aspek penyelenggara tingkat kabupaten ke bawah, termasuk kecamatan dan desa. Hal ini disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia yang memadai, apalagi dengan model pemilihan yang rumit, proses administrasi, waktu yang mepet, honor yang diterima, termasuk aspek kesehatan penyelenggara,” jelas Alfitra.

Peserta yang didominasi oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Politik Unhas tampak sangat antusias berdiskusi dengan nara sumber. Kegiatan yang dihadiri sekitar 100 peserta.

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu Serentak 2019
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca