somberena parlementa

Persiapkan WCU, Unhas Gelar Rapat Koordinasi Khusus

Kamis, 12 Desember 2019 15:57 WITA Reporter : Makassarmetro
Persiapkan WCU, Unhas Gelar Rapat Koordinasi Khusus

MAKASSARMETRO – Satuan Tugas World Class University (WCU), Unhas menggelar rapat khusus yang membahas kesiapan Unhas dalam memenuhi kriteria QS World University Ranking (WUR). Pertemuan yang berlangsung pada Kamis (12/11) di Aula Prof. Fachruddin, Sekolah Pascasarjana Unhas ini diikuti oleh para Dekan dan pimpinan fakultas di lingkup Unhas, para Direktur, Kepala Biro, dan task force World Class University.

Direktur Kerja Sama Internasional Unhas, Iqbal Djawad, Ph.D yang memimpin pertemuan mengatakan, tujuan dari koordinasi adalah untuk menyamakan pemahaman di antara elemen-elemen di dalam Unhas tentang bagaimana indikator dan metodologi yang digunakan oleh QS WUR.

“Pemahaman persepsi ini sangat penting, sebab pekerjaan untuk memenuhi data dalam QS Ranking ini merupakan tugas bersama. Data itu ada di setiap fakultas dan unit kerja, sehingga masing-masing perlu memahami data seperti apa yang perlu disiapkan,” kata Iqbal.

Selain mendiskusikan tentang kesiapan data juga membahas bagaimana mekanisme pengukuran yang menjadi persyaratan agar suatu perguruan tinggi dapat masuk dalam daftar universitas kelas dunia.

Direktor Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D, menambahkan9 upaya mencapai ranking yang baik dalam QS Ranking merupakan salah satu bagian dari langkah Unhas memacu kualitas proses akademik.

“Kita membutuhkan instrumen untuk mengetahui dimana posisi kita dalam hal kualitas proses akademik. Metode seperti yang dikembangkan oleh QS merupakan salah satu diantaranya. Jadi, kita berusaha memperbaiki peringkat di QS bukan semata-mata untuk tujuan peringkat saja, tetapi sebagai upaya mengetahui posisi kualitas kita,” kata Suharman.

Pertemuan diisi dengan diskusi terkait upaya memenuhi kriteria-kriteria yang ada di dalam metodologi QS WUR.

Topik berita Terkait:
  1. Unhas
  2. World Class University
Berikan Komentar
Komentar Pembaca