TP PKK Tallo Gelar Pelatihan Dasawisma di Kelurahan Lembo

Senin, 13 Januari 2020 13:20 WITA Reporter : Makassarmetro
TP PKK Tallo Gelar Pelatihan Dasawisma di Kelurahan Lembo

MAKASSARMETRO – TP PKK Kecamatan Tallo menggelar pembinaan dasawisma tingkat kelurahan Lembo, di halaman kantor Lurah Lembo, Jalan Sunu Kompleks, Unhas Baraya, Senin (13/1/2020).

Kegiatan yang dihadiri langsung Ketua TP PKK Kecamatan Tallo, Habriah Wahab ini diikuti kader PKK dan Dasawisma tingkat Kelurahan Lembo.

Sebagai unit terkecil dari PKK, Dasawisma diharapkan penguatan kapabilitas dan kompetensi sumber daya manusia kader agar dapat mengoptimalkan kinerja di lapangan.

“Peran Dasawisma sebagai unit terkecil PKK diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi. Seperti dalam hal upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,” kata Habriah Wahab.

Kegiatan pembinaan PKK khusus kelompok Dasawisma ini, untuk melihat dari potensi setiap kelurahan dengan dilakukan pelatihan kader dasawisma, maka dilakukan pendataan dan pencatatan warga berdasar data dasawisma dengan sistem by name by data agar dengan pertimbangan akurasi.

Dia menegaskan bahwa PKK bukanlah tempat arisan dan pengajian saja, tetapi merupakan wadah bagi pemberdayaan masyarakat.

“Kalau arisan dan pengajian, setiap perkumpulan beberapa orang bisa saja dilakukan. Tapi PKK lebih dari itu, merupakan wadah pemberdayaan khususnya kaum perempuan, para ibu rumah tangga,” tegas Habriah Wahab.

Diketahui, Dasawisma terdiri dari beberapa kepala keluarga dalam satu wilayah RT/RW dengan tujuan membantu TP PKK Kelurahan, dalam pelaksanaan program.

Tujuan kelompok dasawisma memiliki banyak manfaat diberbagai macam sektor, baik dibidang pemerintahan maupun bidang pembangunan.

“Misalnya dalam bidang pemerintahan, dengan adanya dasawisma penduduk dalam satu lingkungan RT/RW dapat tercatat secara akurat yang memudahkan sensus penduduk,” ujar Habriah.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca