Tahun Ini, Bapenda Makassar Target Rp 205 Miliar dari Pajak Restoran

Selasa, 18 Februari 2020 16:53 WITA Reporter : Makassarmetro
Tahun Ini, Bapenda Makassar Target Rp 205 Miliar dari Pajak Restoran

MAKASSARMETRO – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar menargetkan angka yang cukup besar untuk Pajak Restoran untuk tahun 2020.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan mematok Rp 205 milyar untuk sektor Pajak Restoran atau sekitar 12,05 persen dari total target pendapatan asli daerah yang ditarget tahun ini, Rp 1,7 triliun.

“Dari total target PAD kita untuk tahun ini yang mencapai Rp 1,7 triliun, khusus untuk Pajak Restoran kita target Rp 205 milyar,” ujar Irwan Adnan, Selasa (18/2/2020).

Menurut Irwan Adnan, nilai ini sangat realistis mengingat pertumbuhan usaha restoran, kafe, warung makan di Makassar yang mengalami peningkatan.

“Kontribusi sektor Pajak Restoran menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahunnya, potensinya luar biasa, kepatuhan wajib pajak juga sangat baik, jadi dengan patokan Rp 205 milyar ini saya yakin bisa dicapai, bahkan bisa lebih,” jelasnya.

Selain itu, instrumen pelaporan secara online juga dinilai memberikan dorongan yang luar biasa. Belum lagi keberadaan Laskar Pajak yang memantau transaksi sehingga diperoleh data yang valid terkait pajak yang dipungut dari masyarakat ini.

“Saya tegaskan mereka (wajib pajak restoran, red.) adalah wajib pungut pajak. Customer atau masyarakat kitalah yang bayar pajak. Keberadaan laskar pajak kita turut berperan kenapa kita naikkan target, begitu juga dengan alat pelaporan dengan cara online yang kita sudah sebar dan pasang,” kata dia.

Irwan Adnan membeberkan pihaknya akan terus berinovasi untuk memberi kemudahan wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya. Hal ini dilakukan guna mencapai target PAD yang telah ditetapkan untuk kepentingan pembangunan Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca