Bantuan Rp24,4 M untuk Hotel-Restoran Terdampak COVID-19 di Makassar Dikembalikan ke Kemenparekraf

Selasa, 12 Januari 2021 14:56 WITA Reporter : Makassarmetro
Bantuan Rp24,4 M untuk Hotel-Restoran Terdampak COVID-19 di Makassar Dikembalikan ke Kemenparekraf Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar akan mengembalikan dana hibah Rp24,4 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bantuan itu sedianya untuk hotel dan restoran yang terdampak COVID-19 pada 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Andi Rahmat Mappatoba, mengatakan Kemenparekraf mengucurkan anggaran bagi pelaku usaha hotel dan restoran yang terdampak COVID-19.

Akan tetapi, dana hibah itu tidak cair hingga tahun 2020 berakhir. Saat ini dana hibah tersebut masih berada di kas daerah. Namun, sesuai petunjuk teknis (juknis), memang harus dikembalikan ke Kemenparekraf.

“Itu anggarannya 50 persen (Rp24,4 miliar) sekarang masih ada di kas. Nanti setelah itu terealisasi baru bisa diajukan lagi yang 50 persennya,” kata Andi Rahmat dikutip dari Antara, Selasa (12/1/2021).

Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata pun tetap berupaya dan langkah-langkah untuk membantu pelaku industri di Makassar.

Dana Kemenparekraf tidak cair karena sejumlah kendala yang dialami pemerintah. Salah satunya karena administrasi lambat.

Proses administrasi yang lambat kemungkinan karena waktu yang sangat mepet. Dari hasil rapat dengan Dinas Pariwisata, disepakati untuk mengajukan kembali ke Kemenparekraf agar anggaran itu bisa dialokasikan kembali untuk anggaran 2021. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BPKAD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca