Dinas Pendidikan Makassar: Sekolah Dilarang Wajibkan Siswa Beli Seragam

Senin, 01 Februari 2021 10:21 WITA Reporter : Makassarmetro
Dinas Pendidikan Makassar: Sekolah Dilarang Wajibkan Siswa Beli Seragam Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Dinas Pendidikan Kota Makassar menegaskan larangan sekolah mewajibkan siswa membeli seragam.

Larangan jual beli seragam juga dipertegas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lewat Peraturan Kemendikbud 1/2021.

Dalam peraturan itu disebutkan sekolah dilarang melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang berkaitan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar Disdik Makassar, Ahmad Hidayat, mengatakan aturan jual beli seragam untuk siswa sudah lama jadi atensi.

“Soal jual beli seragam apalagi diwajibkan itu memang dilarang. Peraturan kementerian makin mempertegas apalagi kepada siswa baru,” kata Ahmad Hidayat dikutip dari Sindonews, Senin (1/2/2021).

Khusus untuk seragam sekolah, pakaian umum yang dikenakan siswa baru seperti putih-merah untuk sekolah dasar (SD) dan putih-biru untuk SMPN dilarang keras untuk diwajibkan.

“Sekolah dilarang untuk mewajibkan siswa baru harus beli. Tetapi berbeda dengan seragam batik dan pakaian olahraga, karena itu ciri khas sekolah,” ucap dia.

Meski demikian penjualan seragam batik dan pakaian olahraga tetap diawasi secara ketat. Seperti potensi mark up yang relatif tinggi dari harga pasaran.

“Penyedianya pun harus dikelola langsung oleh koperasi. Tidak boleh ada guru yang ambil alih,” tuturnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca