Kementerian Agama Tiadakan Ujian Akhir Madrasah

Jumat, 12 Februari 2021 14:16 WITA Reporter : Makassarmetro
Kementerian Agama Tiadakan Ujian Akhir Madrasah

MAKASSARMETRO – Kementerian Agama 9Kemenag) memastikan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) 2021 ditiadakan. Keputusan ini sebagai bentuk dukungan menekan penularan COVID-19.

“Ujian Nasional di MTs dan Madrasah Aliyah ditiadakan. Kementerian Agama juga tidak melaksanakan UAMBN,” kata Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani di Jakarta, Kamis (11/02/2021).

Dhani mengatakan, keputusan meniadakan Ujian Nasional juga selaras dengan kebijakan Mendikbud yang telah membatalkan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan pada tahun 2021.

Untuk kelulusan siswa telah dikeluarkan surat edaran terkait tiga syarat untuk menyatakan siswa madrasah lulus.

Di antaranya, menyelesaikan program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (madrasah).

“Ujian Madrasah merupakan ujian akhir program yang dilaksanakan pada siswa kelas akhir pada setiap jenjang madrasah dari tingkat MI, MTs, dan MA,” ujarnya.

Terkait ujian madrasah, Dhani memastikan pelaksanaannya dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Termasuk, menjaga keselamatan, kesehatan, dan keamanan warga madrasah.

“Artinya ujian tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan kondisi keamanan di setiap wilayah madrasah itu berada,” jelas Dhani. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Kementerian Agama
Berikan Komentar
Komentar Pembaca