Mahasiswa Komunikasi UMI Makassar Gelar Kuliah Lapangan dan Praktik Baca Berita

Rabu, 16 November 2022 11:00 WITA Reporter : Makassarmetro
Mahasiswa Komunikasi UMI Makassar Gelar Kuliah Lapangan dan Praktik Baca Berita Para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar kuliah lapangan. Kuliah lapangan dilakukan untuk melihat potensi dan bakat para mahasiswa.

Kuliah lapangan ini dilakukan di Jalan Andi Djemma, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Para mahasiswa terlebih dahulu diberi soal kemudian dilakukan tanya jawab.

Selain itu, mahasiswa juga sebelumnya melakukan praktik menulis hingga membaca berita. Berita yang dibacakan mahasiswa merupakan hasil kunjungan media yang dilakukan sebelumnya.

“Bagaimana agar adik-adik mahasiswa ini bisa praktik langsung untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan dari teori yang di ajarkan,” kata dosen Ilmu Komunikasi UMI Makassar, Ibnu Munsir, dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Menurut Ibnu, dalam dunia media dan komunikasi, bukan hanya berlandaskan pada teori, tetapi dibutuhkan pemahaman agar mahasiswa bisa mengembangkan bakat dan minatnya dalam dunia jurnalistik.

“Karena kita lihat banyak mahasiswa kita ini di UMI Makassar sangat berbakat. Khusus membaca berita bagus-bagus dari voice over-nya juga, belum lagi menulis berita sudah bagus,” jelasnya.

Namun, Ibnu meminta mahasiswa tak cepat puas. Ia pun mendorong mahasiswa terus belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Karena untuk bekal dia juga. Terus belajar karena nanti di dunia kerja sudah bisa diterima dengan potensi yang ia miliki,” paparnya.

Ibnu kemudian berpesan agar kegiatan ini terus berlanjut dan partisipasi mahasiswa lebih serius menerima ilmu dan praktik lapangan.

“Ini untuk ke depannya agar tidak vakum dan proaktif lagi terhadap pendidikan di kampus UMI,” tuturnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca