Sukseskan Longwis, Diskop Makassar Genjot Pendampingan Koperasi ke Dewan Lorong

Selasa, 29 November 2022 13:05 WITA Reporter : Makassarmetro
Sukseskan Longwis, Diskop Makassar Genjot Pendampingan Koperasi ke Dewan Lorong Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Diskop UKM Makassar, Muh Sukma Saleh (kiri) mendampingi narasumber Sakka Pati saat pendampingan koperasi ke dewan lorong di Hotel ASTON, Selasa (29/11/2022)/Ist

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Makassar kembali menggelar pendampingan pembentukan Bulo dan Koperasi ke dewan lorong (Delor). Kali ini menyasar Kecamatan Makassar dan Manggala.

Banner Agustus DPRD Kota Makassar

Kegiatan pendampingan ini berlangsung di Hotel ASTON, Jalan Sultan Hasanuddin, Selasa (29/11/2022). Dua narasumber dari Akademisi sekaligus tim Ahli Wali Kota dihadirkan ialah DR. Naidah Naing dan DR. Sakka Pati.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Diskop UKM Makassar, Muh Sukma Saleh mengatakan upaya pendampingan dimaksudkan untuk mensukseskan Program strategis lorong wisata (longwis) dengan menghadirkan koperasi-koperasi di setiap lorong.

Setiap dewan lorong, kata Sukma –sapaan akrabnya, lebih dulu membentuk Badan Usaha Lorong atau Bulo. Didalamnya beranggotakan kelompok-kelompok seperti KWB dan para pelaku UMKM lainnya yang potensial.

“Dewan lorong ini merupakan penggerak di lorongnya jadi kita harapkan mereka melihat potensi UMKM di lorong. Kemudian mereka membentuk badan usaha lorong,” ujar Sukma.

Setelah itu, Sukma menjelaskan Bulo yang terbentuk dilorong itu kemudian diharapkan menjadi cikal bakal terbentuknya koperasi. Melalui pendampingan ini, Diskop Makassar mengajarkan bagiamana tata kelolanya untuk pengembangan UMKM di longwis.

“Kita perlahan-lahan secara bertahap, kita dorong dulu mereka bentuk kelompok dalam bentuk Bulo nanti dengan kesadaran dan inisiatif sendiri dari masyarakat lorong itu untuk membentuk koperasi makanya kita kasih pemahaman dan pengetahuan bagaimana manfaat koperasi,” jelasnya.

“Sehingga dengan kesadaran sendiri nanti dari mereka semua yang ada di lorong itu, oh ternyata koperasi itu banyak manfaatnya, tata cara pembentukannya begini,” tukas Sukma.

Sebelumnya, kegiatan pendampingan ini dibuka oleh Kepala Diskop UKM Makassar, Sri Sulsilawati. Ia menekanka pentingnya peran dewan lorong dalam mensukseskan program lorong wisata.

“Mereka garda terdepan, penggerak, influencer, yang bisa mempengaruhi masyakarat khususnya di lorong wisata untuk bisa membangun kelembagaan, membangun ekosistem ekonomi disitu,” tukasnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca