Dinsos Makassar Imbau Warga Pengguna Jalan Bija Beri Bantuan di Jalan Raya, Ada Fatma MUI

Kamis, 23 Maret 2023 16:40 WITA Reporter : Makassarmetro
Dinsos Makassar Imbau Warga Pengguna Jalan Bija Beri Bantuan di Jalan Raya, Ada Fatma MUI Ilustrasi.

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Armin Paera meminta warga lebih bijak dalam memberi sesuatu kepada anjal, gepeng dan pengemis. Memberi kepada mereka tentu haram sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia Sulsel.

“Ka sudah ada fatwanya MUI Sulsel yang tahun kemarin di keluarkan. Nah itu harus jadi rujukan ke masyarakat untuk tidak memberi,” kata Armin dalam keterangannya, Kamis (23/3/2023).

Armin menjelaskan Tim Reaksi Cepat (TRC) gencar melakukan razia anak jalanan di Kota Makassar. Razia dipastikan untuk memberi rasa aman dan nyaman di masyarakat.

“Karena keluhannya menganggu mengguna jalan. Kita juga di Dinsos melarang sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Kata Armin, sudah ada 100 yang diamankan petugas dalam melakukan razia sebulan terakhir ini. Barang miliki mereka juga di sita.

“Itu manusia boneka atau baduk dan sejenisnya sudah diamankan di posko Abdesir. Kurang lebih 100 itu, barangnya juga kami sita,” bebernya.

Sesuai dengan fatwa yang mengharamkan memberi uang ke pengemis di jalanan itu tertuang dalam fatwa MUI Sulsel Nomor 01 Tahun 2021 Tentang Eksploitasi dan Kegiatan Mengemis di Jalanan hingga Ruang Publik. Fatwa ini dirilis pada Sabtu (30/10) lalu. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Dinsos Makassar
  2. Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca