Indira Yusuf Ismail Bacakan Wasiat Bung Karno di Rakercabsus PDIP Kota Makassar

Selasa, 08 Oktober 2024 19:20 WITA Reporter : Makassarmetro
Indira Yusuf Ismail Bacakan Wasiat Bung Karno di Rakercabsus PDIP Kota Makassar

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Calon Wali Kota Makassar nomor urut 3, Indira Yusuf Ismail, didapuk sebagai pembaca Dedication of Life dalam acara Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Makassar yang digelar di Hotel Aston Makassar, Selasa (8/10/2024).

Dedication of Life merupakan sebuah wasiat yang ditulis oleh Presiden Soekarno pada 10 September 1966. Naskah ini berisi komitmen mendalam terhadap pengabdian bagi bangsa dan negara, dan sering dibacakan dalam berbagai forum sakral PDI Perjuangan sebagai bagian dari warisan pemikiran Bung Karno.

Indira membacakan naskah tersebut tepat di awal acara setelah para peserta Rakercabsus menyanyikan Mars PDI Perjuangan dan Hymne PDI Perjuangan.

“Saya adalah manusia biasa. Saya dus tidak sempurna. Sebagai manusia biasa, saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Hanya kebahagiaanku adalah mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air, kepada bangsa. Itulah dedication of life-ku,” ucap Indira membacakan dedication of life dengan khusyuk.

“Jiwa pengabdian inilah yang menjadi falsafah hidupku. Dan menghikmati serta menjadi bekal hidup dalam seluruh gerak hidupku. Tanpa jiwa pengabdian ini saja bukan apa-apa. Akan tetapi dengan jiwa pengabdian ini, saya merasakan hidupku bahagia dan membawa manfaat. Soekarno, 10 September 1966,” lanjut Indira.

Suasana dalam ruangan terasa hening saat Indira membacakan kalimat demi kalimat komitmen Bung Karno tersebut. Ratusan kader yang hadir memenuhi ruangan dengan pakaian merah tampak khidmat mendengarkan.

Diketahui, pembacaan Dedication of Life merupakan tradisi sakral dalam berbagai acara PDI Perjuangan, termasuk pada momen penting seperti Rakercabsus ini.

Pembacaan naskah tersebut tidak hanya mengingatkan pada semangat perjuangan Bung Karno, tetapi juga menjadi simbol kesetiaan kader PDIP terhadap perjuangan partai dan komitmen terhadap nilai-nilai kebangsaan. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca