pelayanan publik

Awal Ramadan, Harga Bawang Putih Naik, Capai Rp.60 Ribu Per Kg

Senin, 06 Mei 2019 17:52 WITA Reporter : Anki
Awal Ramadan, Harga Bawang Putih Naik, Capai Rp.60 Ribu Per Kg

MAKASSARMETRO– Harga sejumlah kebutuhan dapur di sejumlah pasar Kota Makassar mengalami kenaikan. Komoditas yang harganya naik secara signifikan yakni bawang putih, mencapai Rp. 60.000 per kilogram.

Bahkan di sejumlah Pasar Modern yang berada di Jalan Pengayoman, harga bawang putih mencapai Rp. 67.000 per kilogram.

Kondisi pasar di hari pertama bulan Ramadan ini dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Nielma Palamba. Senin (6/5/2019).

Dia mengaku telah melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar, di antaranya Pasar Pa’baeng-baeng dan Pasar Terong sejak pagi hari.

“Iya betul bawang putih naik, tadi saya pemantauan ke Pa’baeng-baeng, tanya pedagang, dia beli Rp. 42 ribu per kilo dari distributor, terus dia ecer Rp. 50 ribu sampai 60 ribu,” ungkap Nielma Palamba.

Dia meminta kepada masyarakat agar tidak panik dengan kenaikan harga ini. Justru dengan kepanikan, para pedagang tetap mempertahankan harga tersebut.

Menurutnya, ini merupakan fenomena sejak dari importir yang menaikkan harga. Kemudian stik diturunkan di Surabaya sebelum di Makassar, sehingga menambah beban biaya distribusi.

“Fenomena panic buyers di tengah masyarakat yang membuat pedagang bersepakat untuk menaikkan harga dagangannya. Di sisi lain pedagang juga tidak bisa disalahkan karena, bawang putih itu bisa tiba-tiba turun harganya, anomali harga,” jelasnya.

Jika kondisi ini makin berlanjut, Nielma Palamba menegaskan pihaknya bakal melakukan intervensi pasar guna mengendalikan harga komoditas pokok yang mengalami kenaikan.

“Segera kita akan tindaki, kita akan intervensi,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Disdag
Berikan Komentar
Komentar Pembaca