somberena parlementa

Ribuan Mahasiswa Kepung DPRD Sulsel, Tolak RUU

Selasa, 24 September 2019 15:21 WITA Reporter : Helmi
Ribuan Mahasiswa Kepung DPRD Sulsel, Tolak RUU

MAKASSARMETRO – Pintu gerbang DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, dikepung ribuan massa aksi, Selasa (24/9/2019). Massa aksi berasal dari berbagai kampus di Makassar, seperti Universitas Hasanuddin, UNM, UMI, dan dari berbagai kampus.

Aksi yang juga dilakukan gabungan organisasi masyarakat dan NGO ini mengarahkan tuntutannya ke DPR RI. Pasalnya sejumlah Rancangan UU yang digodok di parlemen pusat dinilai merugikan masyarakat dan mencederai demokrasi.

Salah satu massa aksi dari UNM Makassar, Luqman dalam orasinya mengatakan, penggodokan RUU di DPR RI melukai hati rakyat. Selain itu, dia curiga dengan penggodokan yang terkesan tergesa-gesa.

“Ada RUU yang digodok buru-buru sekali. Isinya juga tidak pro rakyat dan mencederai demokrasi yang selama ini dibangun di Indonesia,” kata dia.

RUU yang dimaksud Lukman antara lain, RUU RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Perkelapasawitan, RUU Ketenagakerjaan. Revisi UU KPK oleh DPR RI juga dipersoalkan oleh massa.

” Revisi UU KPK juga mencurigakan, hasil kajian teman-teman, ada beberapa poin yang justru memperlemah KPK sebagai lembaga yang berusaha menjaga Indonesia dari korupsi,” kata dia.

Namun, aksi yang awalnya berlangsung damai ini diwarnai kericuhan. Sempat terjadi baku lempar batu di Jalan Urip Sumoharjo. Akibatnya massa aksi terpaksa diurai oleh polisi dengan water cannon dan gas air mata.

Topik berita Terkait:
  1. Demo Mahasiswa
  2. Makassar
  3. Sulsel
Berikan Komentar
Komentar Pembaca