somberena parlementa

Wujudkan Sinergitas Pemda, DPRD Makassar Gelar DiskusiPublik

Senin, 09 Desember 2019 17:15 WITA Reporter : Makassarmetro
Wujudkan Sinergitas Pemda, DPRD Makassar Gelar DiskusiPublik

MAKASSARMETRO – Sekretariat DPRD Kota Makassar kembali menggelar Diskusi Publik dalam rangka refleksi akhir tahun dengan tema Sinergitas Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Kota Makassar. Diskusi dilangsungkan di Hotel Claro Jl. A.P. Pettarani, Senin (9/12/2019).

Kegiatan ini dibuka dengan resmi oleh Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, SH. Serta Seluruh Anggota DPRD Kota Makassar, dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Berkaitan dengan tema tersebut, kegiatan ini dihadiri juga Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang juga bertindak selaku Narasumber, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Dr. Firdaus Dewilmar, SH, M.Hum., Kepala BPK-RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Wahyu Priono, SE., M.M., Ak., Kepala Bidang Kehumasan Polda Sulsel, Kombes Pol. Ibrahim Patompo, SIK. Mewakili Pemerintah Kota Makassar, Asisten I Bidang Pemerintahan, M. Sabri.

Dalam sambutannya, Rudianto berharap kegiatan ini dapat menyelenggarakan serta mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui sinergitas dari pemerintah kota Makassar.

Ia juga menambahkan melalui diskusi publik ini pemerintah memacu sinergitas dan elaborasi di kota makassar untuk mengawal pertumbuhan ekonomi.

Senada dengan itu, Kepala Kejaksaan Tinggi, Firdaus Delmiwar dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa Kejaksaan sebagai bagian dari pemerintah harus mengawal pembangunan investasi, aset, dan keuangan untuk dapat menjadi pemasukan daerah,

 “Serta kita berharap dapat menjadikan awal dari sinergitas untuk menurunkan ego sektoral lembaga”, tutur Kajati Sulselbar

Dari sisi Pengamanan, Kabid Humas Polda Sulsel, Ibrahim Patompo mengatakan peranan kepolisian dalam hal ini harus mengedepankan representif dan preventif. Hal tersebut agar dapat mengurangi potensi pemecah Kamtibnas yang bergulir di masyarakat terkait informasi palsu yang akan memicu konflik sosial demi menjaga sinergitas di masyarakat.

“Disinilah masyarakat memiliki peran penting untuk membangun sinergitas itu,” ujarnya.

Ia juga berharap bahwa situasi kamtibnas dapat di kawal dengan baik, serta polres dan polda mendukung penuh pembangunan di masyarakat.

Selain itu, untuk membangun koordinasi yang intens demi tercapainya sinergitas yang baik di level kota atau provinsi. Sabri selaku perwakilan walikota makassar berharap dengan adanya pemerintah daerah yang baru dan semangat baru dapat memberikan skala prioritas terkait pelayanan dasar di tahun 2020 yang akan datang.

“Kita merupakan penyelanggara pemerintahan, oleh karena itu kita perlu bersama2 menyelenggarakan dan hukum tertingginya adalah kesejahteraan rakyat,” tutur Rudianto Lallo.

Anggota Forum Koodinasi Pimpinan Daerah yang turut hadir yaitu, Kepala Kejaksaan Negeri Makassar Nurni Parayanti  SH, MH, dan jajarannya, serta Kapolrestabes Makassar, Kombes Yudhiawan Wibisono dan jajarannya.

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca