somberena parlementa

Jokowi Kunjungi Natuna di Tengah Klaim Cina

Rabu, 08 Januari 2020 13:31 WITA Reporter : Makassarmetro
Jokowi Kunjungi Natuna di Tengah Klaim Cina

MAKASSARMETO – Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, untuk melakukan kunjungan kerja, Rabu (8/1/2020) pagi tadi.

Presiden dan rombongan akan langsung menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Kabupaten Natuna. Di tempat tersebut, selain meninjau jajar kapal, Presiden juga direncanakan bertemu dengan ratusan nelayan.

Setelah itu, Presiden akan menuju Kantor Bupati Kabupaten Natuna untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat sebelum kembali ke Jakarta.

Hanya saja, kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna dilakukan di tengah persoalan atas perairan di sekitar Kepulauan Nansha (Spratly Islands) yang tidak jauh dari Natuna yang diklaim Cina.

Jokowi menegaskan kedaulatan teritorial Indonesia, termasuk Natuna, tidak boleh dirongrong. Tegas dia menyebut tidak ada tawar menawar persoalan ini.

“Bahwa tidak ada yang namanya tawar-menawar mengenai kedaulatan, mengenai teritorial negara kita,” tegas Jokowi dalam rapat kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/1/2020)

Meski dalam rapat terbatas tersebut membahas Rencana Pembangunan Nasional Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024. Namun, dalam sambutannya Jokowi turut menyinggung soal penerobosan wilayah Natuna oleh kapal China. Ini adalah kali pertama Jokowi bicara langsung soal Natuna setelah peristiwa penerobosan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEE) mencuat.

Klaim ini bahkan sudah ditegaskan kepada Kementerian Luar Negeri. Beberapa waktu lalu, Kemenlu sudah menyampaikan nota protes kepada Cina melalui Duta Besar Cina di Indonesia.

Masalah di perairan Natuna sendiri bermula saat kapal pencari ikan asal Cina dilaporkan telah masuk ke Perairan Natuna dan melakukan pencurian ikan. Kapal tersebut, bahkan dikawal langsung oleh kapal Coast Guard China yang juga masuk ke Perairan Natuna pada Senin (30/12/19) lalu di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Topik berita Terkait:
  1. Cina
  2. Jokowi
  3. Natuna
Berikan Komentar
Komentar Pembaca