somberena parlementa

PKK dan Dekranasda Sulsel Bersiap Memajukan UMKM Sulsel Lewat Pasar Ritel

Sabtu, 01 Februari 2020 22:22 WITA Reporter : Makassarmetro
PKK dan Dekranasda Sulsel Bersiap Memajukan UMKM Sulsel Lewat Pasar Ritel

MAKASSARMETRO – Mendukung program Pemerintah Sulawesi Selatan untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Lies F. Nurdin bersama dengan Dinas Perdagangan Prov. Sulsel dan Dinas Perindustrian Prov. Sulsel melakukan audiensi dengan sejumlah ritel penjualan yang ada di Makassar pada Sabtu, 1 Februari 2020 di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Pada pertemuan ini Lies selaku Ketua TP PKK dan Dekranasda Prov Sulsel menegaskan bahwa ia sangat mendukung program-program yang dapat memajukan UMKM di Sulawesi Selatan, termasuk salah satunya program pemasaran produk UMKM di pasar ritel.

“Jadi dengan adanya pertemuan ini saya sangat bersyukur sekali, kemarin kita juga sudah bertemu dengan pihak Gojek dan Grab. Mereka mau memasarkan lewat online. Jadi berbagai cara kami pakai untuk meningkatkan produk-produk masyarakat kita,” ungkap Lies.

Sebelumnya, Lies juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel untuk menggunakan produk pengrajin sandal enceng gondok dari Sulsel pada enam hotel yang ada di Makassar.

Langkah-langkah ini diambil untuk memajukan UMKM di Sulsel. Berkaitan dengan hal tersebut, OPD terkait bersama dengan TP PKK dan Dekranasda Prov. Sulsel menyiapkan konsep yang matang mengenai kontrol kualitas masing-masing produk.

“Saya memang berpikir harus ada quality control mengenai produk-produk UMKM yang akan masuk di ritel. Apakah produk tersebut layak jual atau tidak. Nantinya tentu akan ada tim yang kami bentuk untuk verifikasi produk. PKK nanti bisa membantu Dinas Perdangan dan Perindustrian untuk produk makanan minuman, dan produk kerajinan nanti Dekranasda yang akan membantu,” terang Lies.

Senada dengan Lies, Hadi Basalamah selaku Kepala Dinas Perdagangan Sulsel juga menegaskan pentingnya proses verifikasi produk yang akan masuk ke ritel.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah SOP yang jelas terkait produk-produk UMKM yang masuk di pasar ritel. Hal-hal apa saja yang menjadi verifikasi produknya, kontinuitasnya juga harus dilihat apakah memenuhi atau tidak. Setelah itu, perlu juga adanya quality control yang baik agar terciptanya standarisasi produk yang bagus masuk ke pasaran,” tegasnya.

Kedepannya, pihak-pihak ritel terkait seperti Carrefour dan Gelael diharapkan dapat memberikan tempat yang memadai untuk mendukung penjualan produk-produk UMKM terbaik yang ada di Sulsel. Tampilan display produk juga menjadi perhatian utama pada diskusi hari ini.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah untuk memajukan UMKM yang ada di Sulsel, Lies dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan keluarga.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca